Arsip

Rumah Betang Dipan Nimpan Bolong Desa Nanga Nyabau Kapuas Hulu Terbakar

Advertisement

KAPUAS HULU – Rumah betang Dipan Nimpan Bolong, di Desa Nanga Nyabau, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat terbakar pukul 20.30 Wib Minggu malam (19/7/2020).

Rumah khas suku Dayak yang terbentang panjang itu rata dengan tanah dan menjadi arang akibat kebakaran yang menghanguskan 35 pintu.

Meski tidak ada korban jiwa, namun amukan si jago merah membuat rumah betang tersebut hanya tinggal kenangan.

Advertisement

“Api membakar rumah betang itu sekitar dua jam lamanya, dugaan sementara api berasal dari dapur salah satu penghuni,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan, dihubungi di Putussibau, Senin dini hari (20/7/2020).

Ia mengatakan harta benda masyarakat tidak ada yang bisa diselamatkan, karena kobaran api begitu cepat sehingga untuk sementara kerugian diperkirakan sekitar milyaran rupiah.

“Untuk saat ini penghuni rumah betang yang berjumlah sekitar 100 jiwa diungsikan di gedung sekolah, kantor desa dan disejumlah rumah keluarga,” kata Gunawan usai dari lokasi kejadian.

Selain itu, BPBD Kabupaten Kapuas Hulu akan kembali menginventarisir kerugian serta berupaya untuk bantuan logistik bagi korban kebakaran.

“Untuk langkah selanjutnya kami akan melihat perkembangan di lokasi dan akan didirikan dapur umum,” tutup Gunawan. (Red)

Advertisement