Arsip

Hasil Razia Masker, 5 Orang Dinyatakan Positif Covid-19

Advertisement

PONTIANAK – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengumumkan adanya penambahan 5 (lima) kasus baru Positif Covid-19, Senin (13/7) siang.

Lima kasus baru tersebut merupakan bagian dari 68 orang yang terjaring razia tak menggunakan masker beberapa waktu lalau di kawasan auditorium Untan Pontianak. Dimana pada waktu itu, semua masyarakat yang tak menggunakan masker langsung di tes Swab bukan lagi Rapid Test.

“Jadi berdasarkan Laboratorium RS Untan Pontianak, 12 Juli 2020, hari ini mendapat 5 kasus konfirmasi baru, nah 5 kasus baru ini merupakan, kasus konfirmasi yang kita dapatkan dari razia masker di depan Audit Untan. Jumlah yang terjaring saat itu 68 orang. Sampelnya kita kirim secara bertahap, terkahir pemeriksaan, ada 5 positif,” kata Harisson saat memberikan keterangan pers kepada wartawan, Senin (13/7) siang.

Advertisement

Harisson menjelaskan, dari kelima orang itu terdapat 4 kasus di Kota Pontianak dan satu kasus di Kabupaten Kubu Raya. “Dari 5 orang kasus baru ini, itu 4 orang di Pontianak, 1 orang Kubu Raya, sedangkan hari ini juga ada 1 kasus sembuh berasal dari Ketapang,” Jelas Harisson.

Terhadap 5 orang positif hasil razia masker ini, Dinas Kesehatan Kota Pontianak dan Kubu Raya sudah melakukan langkah-langkah isolasi dan pemeriksaan kontak tracing dan tracking. “Jadi, kita semua mengingatkan masyarakat, zona hijau di Pontianak itu tidak akan bisa berlangsung lama, kalau masyarakatnya tidak disiplin,” tegasnya.

Kalau kita lihat, kata Harisson, ada orang yang berkeliaran menggunakan sepeda, jalan kaki atau sepeda motor, tidak menggunakan masker, padahal orang ini ternyata kasus konfirmasi positif, kalau mereka tidak menggunakan masker, akan mudah sekali menyebarkan atau menularkan penyakitnya ke orang lain di sekitarnya yang juga tidak mennggunakan masker jelas Harison.

Dengan adanya penambahan kasus baru tersebut, total kasus Konfirmasi Positif Covid-19 di Kalimantan Barat hingga Senin (13/7/2020) sebanyak 355 orang, kasus sembuh sebanyak 328 orang, dan meninggal dunia 4 orang.(Red).

Advertisement