BLT-DD Tahap 1 Desa Piawas Disalurkan Kepada Masyarakat

MELAWI – Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Belimbing Hulu, Kabupaten Melawi Memantau langsung pelaksanakan Penyaluran BLT-DD tahap 1 terhadap Warga Desa Piawas, Kecamatan Belimbing Hulu, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (9/6/2020).

Adapun jumlah penerima manfaat BLT-DD sebanyak 142 KK (kepala keluarga). Penyaluran BLT-DD tersebut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Kepala Desa Piawas, Suyono didampingi perangkat desa, para Ketua RT, para Kadus, pendamping desa, Ketua BPD, Babinsa Koramil 16/Pemuar dan Babinkamtikmas Polsek Belimbing. Hadir juga dalam kegiatan ini Camat Belimbing Hulu, Agus Badrun dan Penjabat (Pj) Danramil 16/Pemuar Pelda Suki Widodo.

Kades Piawas, Suyono menyampaikan penyaluran BLT-DD tahap 1 Desa Piawas saat ini sungguh luar biasa karena disaksikan langsung oleh Camat Belimbing Hulu, Agus Badrun dan Danramil 16/Pemuar Pelda Suki Widodo.

“Syukur Allhamdulilah pelaksanaan penyaluran BLT-DD sebanyak 141 KK penerima berjalan lancar dan aman,” kata Kepala Desa Piawas, Suyono.

Disamping itu Kades juga menyampaikan bahwa pelaksanaan penyaluran BLT-DD dilaksanakan dengan cara Door To Door guna menghindari terjadinya kerumunan warga dan sudah Pemdes pastikan warga penerima BLT-DD mengunakan Masker.

Camat Belimbing Hulu, Agus Badrun menyampaikan bahwa dirinya ingin memastikan penyaluran BLT-DD memang tepat sasaran di Desa Piawas yang di dampingi Danramil 16/Pemuar. Selain itu camat juga menjelaskan bahwa di Kecamatan Belimbing Hulu dari 8 Desa, sudah 7 Desa yang telah menyalurkan BLT-DD tahan 1. Adapun satu desa yang belum yaitu Desa Nanga Tikan karena pencairan tahap 1 sudah digunakan untuk program fisik, sehingga untuk penyaluran BLT-DD menunggu pencairan tahap ke-2.

Camat Belimbing Hulu juga menyampaikan persiapan-persiapan dan sosialisasi tentang New Normal untuk mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat, hidup bersih, sehingga kegiatan masyarakat berjalan normal dengan ada hal yang baru untuk dilakukan yaitu Cuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak guna memutus mata rantai penularan Covid-19.

Danramil 16/Pemuar, Pelda Suki Widodo mengatakan pemantauan langsung penyaluran bantuan sosial BLT-DD oleh pihaknya ini untuk memastikan bantuan tepat sasaran dan penyaluran menerapkan protokol kesehatan serta aman dan lancar.

“Kami bersama pak Camat dan Polsek sengaja turun ke lapangan pada giat penyaluran BLT-DD tahap 1 Desa Piawas ingin melihat langsung penerima BLT-DD apakah memang warga yang layak menerima atau masih ada warga yg seharusnya tidak menerima tetapi mendapat bantuan, bersyukur kegiatan hari ini secara jelas memang tepat sasaran, terima kasih pak Pj Kades beserta perangkat dan relawan desa yang sudah bekerja keras untuk menyeleksi, betul betul warga penerima bantuan, sehingga pelaksanaan penyaluran BLT-DD berjalan lancar dan aman,” ujar Widodo.

Selain itu Danramil juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, memanfaatkan bantuan untuk semestinya bukan untuk hal-hal yg tidak penting dan juga masyarakat mulai beraktifitas kembali seperti biasa untuk memulihkan roda perekonomian yang beberapa akhir ini fakum.

“Namun harus mengikuti protokol kesehatan, maka warga hidup sehat, hidup bersih ekonomi rakyat berkembang,” tuturnya kepada awak media.(Red).