Arsip

Penyelundupan 3.274 Butir Telur Penyu Digagalkan

Advertisement

PONTIANAK – Direktorat Polairud Polda Kalbar berhasil menggagalkan penyelundupan 3.274 butir telur penyu dari Kepualan Riau ke Pontianak. Ribuan butir telur penyu ini diamankan di pangkalan speed TPI Kota Pontianak, Kamis (26/3)

Direktur Polairud Polda Kalbar, Kombes Pol Benyamin Sapta melalui Kasubdit Gakkum AKBP Jamhury mengungkapkan, upaya penyelundupan berhasil digagalkan berkat informasi dari Pengawasan Sumber Daya Keluatan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak terkait adanya dugaan pengiriman telur penyu dari pulau Tambelan Kepri.

“Telah diamankan 3.275 butir telur penyu dari Kepulauan Riau dengan tujuan Pontianak. Telur ini dibawa dengan Kapal Sabuk Nusantara 30,” ungkapnya.

Advertisement

Jamhury juga mengungkapkan kronologi, ia mengatakan diawali dari informasi PSDKP terkait adanya dugaan pengiriman telur penyu dari Kepualan Riau.

“Menindaklanjuti informasi tersebut, tim 1 Siintelair Ditpolairud bersama-sama dengan Polsus Kelautan Stasiun PSDKP Pontianak melakukan penyelidikan dan sekitar pukul 10.00 wib di pangkalan speed TPI Kota Pontianak, team mengamankan 1 orang yang membawa 9 kardus berisi telur penyu tanpa dilengkapi dengan izin,” jelasnya.

“Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan terhadap S (69) yang membawa ribuan butir telur penyu tersebut,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan akan melakukan koordinasi dengan BKSDA atas temuan ribuan butir telur penyu yang dalam kategori sebagai hewan yang dilindungi.

Pelaku terancam dengan Pasal 40 ayat (2) jo Pasal 21 ayat (2) huruf e, UU No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.(Red).

Advertisement