Arsip

Sampel di Tengorokan Pasien RS Soedarso di Kirim Ke Jakarta

Advertisement

PONTIANAK – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harison menjelaskan, saat ini RSUD dr Soedarso Pontianak, sedang merawat seorang warga Pontianak di ruang isolasi dengan kriteria Pasien dalam Pengawasan. Pasien dirawat pada Minggu, 2 Februari 2020.

Pasien tersebut merupakan warga Pontianak yang baru saja pulang dari Kuala Lumpur, Malaysia yang tiba pada Jumat (31/1) lalu, dan saat ini tengah dalam perawatan di ruang isolasi RSUD Soedarso.

“Saat itu kondisi pasien saat pulang dalam keadaan sakit dan langsung dibawa berobat ke Rumas Sakit Mitramedika pada 1 Februari. Setelah itu pasien dirujuk kembali ke RSUD Soedarso, mengingat kondisi pasien mengalami batuk, pilek, pneumoni dan yang bersangkutan juga punya riwayat baru pulang dari negeri. Dan saat ini pasien dirawat di ruang Isolasi,” jelas Harison, saat Konfrensi pers bersama awak media, Senin (3/1).

Advertisement

Harison menambahkan, bahwa pasien ini mempunyai gejala demam, batuk pilek, sakit tenggorokan, dan pneumonia ringan. Pasien mempunyai riwayat pernah melakukan perjalanan ke Kuala Lumpur dalam 14 hari terakhir.

“Dinas Kesehatan Prov Kalbar telah mengambil sampel di tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium di Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan di Jakarta. Dalam waktu dekat (24 jam) hasil laboratorium akan kita dapatkan apakah positif/negatif Virus n Corona,” ujarnya.

Sekarang ini Pasien dalam keadaan stabil dan cenderung mengalami proses penyembuhan.

“Mudah-mudahan pasien segera sembuh dan seluruh masyarakat Kalbar diharapkan tidak terpancing berita medsos yang tidak bertanggungjawab yang cenderung membuat masyarakat menjadi resah,” harapnya. (Red).

Advertisement