Arsip

Penyelundupan 5,4 Ton Bawang Merah Digagalkan

Advertisement

SEKAYAM – Pos Segumun Satgas Yonif Raider 641/Bru berhasil menggagalkan penyelundupan 300 karung bawang merah dengan berat total 5,4 ton, berasal dari Malaysia dan akan diselundupkan ke Indonesia melalui jalan tikus di Dusun Segumun, Desa Lubuk Sabuk, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Sabtu (1/2/2020) dini hari.

300 karung bawang merah tersebut diselundupkan oleh seorang warga desa Bungkang, Kecamatan Sekayam, menggunakan kendaraan truk.

Penangkapan bermula pada saat Danpos Segumun Letda Inf. Ashari Muiz Ramadhan beserta 5 personel Satgas lainnya melaksanakan kegiatan patroli malam di wilayah sekitar Dusun Segumun.

Advertisement

Pada saat sedang melaksanakan patroli, tim Satgas Yonif R-641/Bru melihat adanya kendaraan truk yang berjalan pelan. Kemudian Letda Inf. Ashari memerintahkan anggotanya untuk menghentikan truk tersebut.

Setelah diberhentikan, tim Satgas Yonif R-641/Bru melakukan pemeriksaan dan didapati truk tersebut bermuatan 300 karung bawang merah dengan berat total 5,4 ton.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 641/Bru, Letkol Inf. Kukuh Suharwiyono mengatakan, “Kegiatan patroli malam rutin dilaksanakan oleh personel Satgas dengan tujuan untuk menertibkan dan mengantisipasi terjadinya penyelundupan dan peredaran Narkoba dari Malaysia masuk ke Indonesia melalui jalur-jalur tidak resmi.”

Saat ini barang bukti berupa bawang merah, satu kendaraan truk dan satu orang pelaku telah diamankan di Pos Kotis Gabma Entikong Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 641/Bru dan selanjutnya akan diserahkan kepada pihak berwenang. (Bobi).

Advertisement