Alexius Akim Maju Pilkada Sintang 2020?

PONTIANAK – Isu akan majunya mantan penjabat (Pj) Bupati Sintang Alexius Akim dalam kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 di Kabupaten Sintang ramai dibicarakan oleh masyarakat akar rumput.

Menanggapi isu dirinya menjadi kandidat yang akan maju mengikuti pemilihan Bupati Sintang dalam pilkada September 2020 mendatang, Alexius Akim pun angkat bicara.

Dihadapan wartawan Senin (13/1) siang, Ketua DPW PSI Kalbar ini mengatakan tidak akan maju pada pilkada Sintang, meski demikian jika ada partai politik yang siap mengusungkan dirinya, ia akan memikirkan terlebih dahulu.

“Kalau ada partai yang mengusung, saya pirir dulu lah,” katanya saat menggelar konfrensi pers di rumah Radakng Pontianak Senin (13/1) siang.

Alexius Akim sendiri bukan orang baru di Kabupaten Sintang, mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat ini sempat menjadi orang nomor satu di Kabupaten Sintang dengan menjadi Pj Bupati Sintang pada tahun 2015 hingga 2016 lalu.

Sementara saat disinggung mengenai sikap DPW PSI Kalbar pada pilkada 2020, Akim menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan berbagai persiapan. Meski PSI di Kalbar pada saat ini belum memiliki perwakilan di DPRD sebagai syarat pengsung kandidat Bupati dan Wakil Bupati, namun pihaknya siap menjadi partai pendukung.

“Partai PSI tidak dapat menjadi partai pengusung, namun demikian partai PSI bebas menjadi partai pedukung kandidat dalam pemilu 2020 yang satu visi misi serta satu DNA dengan PSI untuk menjadi pemimpin,” ujar Ketua DPW PSI Kalbar. (Red).