Arsip

Dua Januari 2020 Jembatan Mahakam IV Dibuka

Advertisement

KALTIM – Menjelang akhir tahun 2019, kabar gembira kembali tersaji untuk warga Kalimantan Timur, terkhusus warga Samarinda. Hasil uji beban Komisi Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) menyatakan Jembatan Mahakam IV sudah memenuhi syarat.

“Hasil uji beban sudah memenuhi syarat. Sudah bisa dilewati. Insyaallah, Kamis, 2 Januari 2020, Jembatan Mahakam IV akan diujicoba,” kata Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi saat meninjau Jembatan Mahakam IV Samarinda, Senin (30/12/2019) sore.

Hasil sementara uji beban KKJTJ, sebut Hadi sudah lebih bagus dari uji beban jembatan yang sudah ada. Jembatan yang dibangun sejak tahun 2012 itu diharapkan sudah bisa dimanfaatkan mulai awal tahun nanti.

Advertisement

Ujicoba dilakukan sambil menunggu sertifikat laik fungsi jembatan dari KKJTJ Kementerian PUPR yang diperkirakan baru akan diterima dalam waktu satu bulan ke depan.

Untuk tahap awal uji coba, fungsional secara teknis kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan penumpang termasuk bis, dan sepeda motor dengan lebar 2,25 m dan 2 jalur di sayap kiri dan kanan. Sedangkan truk belum diperkenankan lewat hingga keluarnya surat laik dari KKJTJ.

“Bentang bawah jembatan ini (jalur navigasi) jauh lebih lebar. Jadi jauh lebih aman. Terlalu kalau ada ponton yang masih menabrak,” yakin Hadi.

Jalur navigasi Jembatan Mahakam IV sepanjang 150 meter, sementara Jembatan Mahakam I hanya 90 meter. Jembatan juga dipercantik dengan lampu tematik yang akan menyala dari pukul 19.00 hingga 24.00 Wita.

Saat peninjauan, Wakil Gubernur Hadi Mulyadi didampingi Kepala Dinas PUPR dan Pera Kaltim HM Taufik Fauzi. Sedangkan uji beban sudah dilakukan KKJTJ pada 22 Desember 2019 dengan menempatkan 36 truk roda 10 di sepanjang jembatan tersebut. (Humas/Red).

Advertisement