Arsip

Inovasi Motor Ambulance Buatan TNI Untuk Masyarakat Perbatasan

Advertisement

SANGGAU – Menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas di wilayah perbatasan negara harus terampil dan inovatif. Seperti halnya yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643 / Wanara Sakti yang berhasil menyulap motor dan besi-besi tua menjadi kendaraan untuk membawa pasien.

Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti wilayah Kodam XII/Tanjung Pura ini berupaya membuat Inovasi Motor Ambulance untuk masyarakat di perbatasan Dusun Panga, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau. Hal tersebut bertujuan untuk membatu kesulitan masyarakat yang selama ini di rasakan.

Pembuatan kendaraan yang dinamai Motor Ambulance ini tercetus setelah melihat kesulitan warga Dusun Pangan, Kecamatan Entikong, membawa pasien ke Puskesmas melewati jembatan gantung sepanjang 100 meter. Pasien yang akan dibawa ke Puskesmas harus ditandu karena mobil tidak bisa menjangkau ke lokasi dusun tersebut.

Advertisement

“Karena selama sembilan bulan kami melaksanakan tugas di daerah perbatasan, khsusunya di dusun Panga ini Pos Panga sudah melakukan 10 kali evakuasi masyarakat yang sakit dengan cara ditandu,” kata Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto, kepada ruai.tv.

Dengan adanya bantuan yang diberikan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/ Wanara Sakti ini bisa untuk meringankan beban kesulitan masyarakat yang selama ini dirasakan. (Bobi).

Advertisement