Arsip

Merasa Pilkades Dicurangi, Warga Lembah Beringin Datangi DPRD Sekadau

Advertisement

SEKADAU – Puluhan warga Desa Lembah Beringin, Kecamatan Nanga Mahap, mendatangi Kantor DPRD Sekadau, Senin siang, 21 Oktober 2019. Kedatangan warga ini untuk menyampaikan aspirasi terkait pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Lembah Beringin yang berlangsung pada 3 Oktober 2019 lalu.

Kedatangan warga tersebut diterima langsung Ketua Sementara DPRD Sekadau, Radius Effendy di dampingi Wakilnya Handi. Ikut hadir juga sejumlah Anggota DPRD Sekadau.

Advertisement

Suhardi, salah seorang warga Lembah Beringin menuding, bahwa pelaksanaan pilkades di Lembah Beringin sarat kecurangan. Bentuk kecurangan itu berupa dugaan penggelembungan suara di beberapa TPS, serta dugaan kecurangan lainnya.

Di pilkades lembah beringin ada 5 calon yang bertarung masing-masing, Agustinus Niko, Rida Hamdani, Sukiman Junaidi, Stefanus Grogerius dan Amir Mahmud. Dalam pemilihan Stefanus Grogerius mendapatkan suara terbanyak.

Namun karena menilai ada kecurangan, keempat kontestan yang kalah tidak mau menandatangani berita acara pleno.

Suhardi berharap wakil rakyat di DPRD Sekadau bisa menindaklanjuti aspirasi yang mereka sampaikan. Mereka mendesak agar perolehan suara di sejumlah TPS yang disuga ada kecurang tidak disahkan.

“Mudah-mudahan dewan bekerjasama dengan eksekutif yang ada, bagaimana hasil dari pilkades kita bisa terpenuhi bahwa kami siap datang memberi aspirasi kepada anggota dewan, harapan kami agar anggota dewan bisa yaitu meluruskan hasil pilkades kita desa lembah beringin,” tutur Suhardi.

Menanggapi aspirasi warga, Anggota DPRD Sekadau asal dapil sekadau II, Muslimin berjanji untuk menindaklanjuti tuntutan warga. Hanya saja Muslimin belum bisa merinci seperti apa hasil akhirnya. Muslimin berjanji DPRD Sekadau akan segera memanggil pihak tekait. Selanjutnya pihak bupati atau eksekutif lah yang bisa memberikan keputusan.

“Kami sudah menyampaikan kepada ketua sementara, untuk segera menyurati pihak terkait tentunya pihak eksekutif untuk menyelesaikan ini secepatnya,” ujar Muslimin.

Tahun ini 67 desa di Sekadau menggelar pilkades serentak. Selain di Lembah Beringin, pilkades di Menua Prama Kecamatan Belitang juga sempat memunculkan polemik. (Red).

Advertisement