Arsip

Polda Kalbar Segel 3 Lokasi Karhutla di Ketapang

Advertisement

KETAPANG – Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Didi Haryono memimpin langsung memasang spanduk segel larangan beraktifitas pada tiga lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) korporasi dan perorangan, Selasa (24/9/2019).

Dari tiga lokasi tersebut 2 Lokasi Korporasi PT. HSL dan PT. ASL, serta 1 Lokasi perseorangan yang diduga sebagai awal titik api yang menyebar ke PT. HSL

berdasarkan laporan informasi : LI/12/IX/2019/Res Ketapang 18 September 2019 Lahan yang terbakar diperkirakan ± 17 Ha milik PT. HSL dan PT. ASL (Cargill Group) di Desa Asam Besar Kecamatan Manis Mata Kabupaten Ketapang.

Advertisement

Saat pemasangan spanduk segel beraktifitas dilakukan Kapolda Kalbar hadir juga Kepala RR BPBD, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas LH, LO BNBP Propinsi, Kapolres Ketapang, Forkopimda Kab. Ketapang, pihak perusahaan PT. HSL dan PT. ASL, Tim Penyidik Karhutla Sat Reskrim Polres Ketapang dan Kepala Desa Asam Besar Manis Mata

Kapolda Kalbar dan rombongan melakukan pengecekan Tower pemantau kebakaran dan embung di area KBE-PT. HSL CTP Manis mata, serta mendatangi Kantor estate KBE – PT. HSL CTP untuk melakukan pengecekan Struktur Organisasi, Struktur Damkar dan Peralatan yang ada.

Polisi akan menindaklanjuti kasus karhutla ini dengan memeriksa sejumlah saksi, melakukan koordinasi saksia ahli terkait (BPN, Perkebunan, LH, BMKG) dan akan melakukan gelar perkara awal. (Red.)

Advertisement