Arsip

Festival Budaya Paradje Pasaka Negeri Ke-XI

Advertisement

SANGGAU – Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Ria Norsan membuka festival budaya Paradje Pasaka Negeri Ke-XI Tahun 2019 di Halaman Keraton Surya Negara Sanggau, Rabu (18/9) pagi.

Kegiatan festival Paradje Pasaka Negeri Ke-XI berlangsung dari 18 hingga 31 September 2019, merupakan suatu acara perpaduan antara agama, adat istiadat dan seni budaya yang secara turun menurun sejak zaman nenek moyang Melayu Muara Kantu, yang di yakini pada masa itu adalah untuk membersihkan negeri di Kabupaten Sanggau dari mara bahaya dan malapetak dari berbagai macam musibah dan penyakit atau bencana alam.

Advertisement

“Saya berharap kegiatan festival Paradje menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi kita dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan di dalam kehidupan masyarakat di kalbar pada umumnya dan kabupaten Sanggau pada khususnya,” kata Wakil Gubernur Kalbar.

Ia menambahkan bahwa festival Paradje bisa melestarikan budaya leluhur supaya tidak luntur dan sirna oleh pengaruh budaya luar yang negatif, sehingga dapat menyebabkan kehilangan jati diri.

“Sikap demikian bukan berarti menutup diri dari pergaulan global yang dinamis, melainkan sebagai sikap dan tanggungjawab kita selaku pemegang tongkat estafet terhadap amanah generasi terdahulu untuk diteruskan kepada generasi masa kini dan masa mendatang,” tuturnya.

Sesuai amanat Undang-undang Nomor 5 tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan dalam pasal 1 ayat (2) bahwa Kebudayaan Nasional Indonesia adalah keseluruhan proses dan hasil interaksi antar kebudayaan yang hidup dan berkembang di Indonesia.

“Indonesia dulunya tidak terlepas kepada kerajaan sebelumnya, jadi budaya-budaya melayu di Kalbar khususnya di Sanggau ini, mari kita lestarikan, tak hanya di Sanggau saja di kabupaten Mempawah juga ada robo-robo itu harus dilestarikan. Ini semua mencerminkan bahwa kita ini tidak melupakan suatu sejarah yang telah ada sejak zaman nenek moyang kita,” kata Wakil Gubernur.

Dalam festival budaya Paradje Pasaka Negeri Ke-XI Tahun 2019 Wakil Gubernur Ria Norsan menyerahkan Sertifikat Warisan Budaya Tak benda Indonesia dari Menteri Pendidikan. (Red).

Advertisement