Korban Tabrakan Speed Boat di Kapuas Hulu Ditemukan

KAPUAS HULU – Tim Rescue Pos SAR Sintang melanjutkan Operasi SAR hari ke-2, kecelakaan Speed Boat yang menenggelamkan Banten (80) di Sungai Kapuas, Kecamatan Embaloh Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu. Pencarian Hari kedua ini diawali dengan briefing oleh Komandan Tim, pada (5/9/2019).

Berdasarkan keterangan dari Kepala Kantor SAR Pontianak, Hery Marantika, penyisiran dilakukan sepanjang alur sungai kapuas Embaloh Hilir sejauh 1,5 NM ke arah Hilir dari Lokasi Kejadian.

Speedboat milik Pemda Kapuas Hulu
Kondisi speedboat Pemda Kapuas Hulu

Hery menjelaskan, Operasi SAR ini dilakukan untuk mencari 1 orang korban hilang atas kejadian tersebut yang awalnya telah dievakuasi 8 orang korban selamat. Korban hilang seorang pria bernama Banten (80), sebagai Nahkoda Speed Boat.

Pada pukul 11.45 WIB, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia di lokasi kejadian untuk selanjutnya dievakuasi. Pada pukul 14.20 WIB korban selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga, 10 menit kemudian Operasi SAR dinyatakan ditutup.

“Atas nama pimpinan pusat BASARNAS dan Kantor SAR Pontianak, kami mengucapkan terima kasih kepada unsur potensi SAR, baik TNI-POLRI, Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, beserta jajarannya, organisasi pemerhati SAR dan masyarakat, serta pihak keluarga. Kedepan mari kita tingkatkan lagi sinergitas dalam memberikan bantuan SAR kepada masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu,” tutur Hery.

Sebelumnya diketahui (3/9) telah terjadi tabrakan antara speed boat milik Pemda Kapuas Hulu dengan Speed Boat milik warga di Sungai Kapuas, Kecamatan Embaloh hilir, Kabupaten Kapuas Hulu. Dari peristiwa tersebut delapan orang berhasil diselamatkan sedangkan satu orang pengemudi Speed Boat bernama Banten (80) hilang.(Red).