PT. Karindo Komplit Karbon Milik Tiongkok Terbakar

MEMPAWAH – Sebuah perusahaan PT. Karindo Komplit Karbon di Jalan Raya Peniti luar, RT.01/RW.02, Dusun Karya Bakti, Desa Peniti Luar, Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah, terbakar sekitar pukul 15.30 WIB, Jumat (30/8) sore.

Kejadian bermula sekitar pukul 15.30 WIB, ketika sopir loader bernama Slamet dan 5 (lima) orang pekerja masing-masing bernama Arpandi, Hamid, Agus, dan kawan-kawannya melihat ada asap dan api ditumpukan ball sabut kering.

Menurut saksi mata yang juga para pekerja harian, diduga api bersumber dari oven sabut atau pengering sabut. Lalu api menyambar sabut kering yang sudah dipacking dan akhirnya membesar membakar gudang sabut dan mesin oven.

Api yang semakin membesar dengan cepat melalap bangunan perusahaan milik warga negara asing (WNA) asal Tiongkok bernama Mr. Whang, dengan pemilik lahan dan koordinator perusahaan yaitu Robin.

Untuk memadamkan kobaran api, sejumlah pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi seperti, BPAJ 2 unit, BPK Segedong 1 unit, BPK Sungai Purun 1 unit, BPAS Siantan 2 unit, Pemadam Chong Sen Siantan Tengah 1 unit, UPKGR Siantan Pontianak Utara 1 unit dan BPA-SS Sungai Pinyuh 1 unit.

Akibat kebakaran ini pemilik perusahaan asal Tiongkok ini mengalami kerugian seperti sabut kelapa +- 400 bal, 1 ball terikat 300 Kilogram, sabut yang terbakar +- 120 ton dengan nilai Rp 500 Juta, Mesin dan bangunan +- Rp 400 juta, dan sabut kelapa yang belum diolah +- 50 ton atau senilai +- Rp 50 Juta.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hingga Jumat sore petugas Damkar masih berupaya memadamkan api di lokasi. (Red).