Arsip

Hanya Pakai Pancing, Warga Melawi Dapat Ikan Berukuran Raksasa

Advertisement

MELAWI – Warga Desa Nanga Man, Kecamatan Pinoh Utara, Kabupaten Melawi, memanen atau menangkap ikan Seladang di sungai Melawi. Ikan Seladang tersebut tidak didapatkan di kolam, melainkan hasil pancing warga ketika musim kemarau tiba.

Di musim kemarau seperti saat ini justru membawa berkah bagi warga sekitar pesisir sungai, sebab mereka dengan mudah memperoleh berbagai jenis ikan yang hidup di sungai dengan cara memancing.

Advertisement

Bahkan ikan Seladang yang didapatkan warga beratnya hingga mencapai 27 Kilogram per ekor yang didapat dengan cara memancing.

Ikan Seladang merupakan salah satu ikan khas di sungai besar hingga kawasan pedalaman sungai Melawi. Bentuk ikan tersebut seperti ikan Patin memiliki banyak lemak yang saat ini masih terdapat di sekitar sungai Melawi, terutama di pinggiran daerah aliran sungai wilayah Kecamatan Pinoh Utara.

Harga ikan Seladang di Kabupaten Melawi cukup tinggi, yakni mencapai Rp 100.000 per kilogram, namun jika air sungai pasang ikan Seladang sulit didapatkan. Selain ikan Seladang, sungai Melawi juga masih tedapat jenis ikan berukuran besar seperti ikan Baung dan beberap jenis ikan lainnya. (Red).

Advertisement