Arsip

Memperkenalkan Durian Unggul Kalbar Melalui Festival

Advertisement

PONTIANAK – Gubernur Kalbar, Sutarmidji dan membuka Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019, di Halaman Parkir Mega Mall A. Yani Pontianak, Sabtu (24/8) sore.

Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan dan Seketaris Daerah Provinsi Kalbar AL. Leysandri turut hadir dalam Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019 tersebut.

Gubernur Kalbar Sutarmidji mengungkapkan, dengan adanya Festival Durian ini untuk menjaga varietas unggul durian yang dimiliki oleh daerah Kalbar.

Advertisement

“Ada 12 jenis varietas unggul durian yang kita miliki, jadi kita harus jaga betul varietas unggul daerah kita, tumbuhnya durian itu seperti alam belum budidaya. Varietas unggul sudah kita amankan dan kita akan kembangkan,” ungkap Gubernur Kalbar Sutarmidji usai meninjau Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019.

Dengan adanya festival durian ini, dirinya juga menaikan nilai jual buah durian yang kita miliki. Selain itu, durian unggulan yang kita miliki sangat berpontensi nilai jual ke luar negeri dengan cita rasa khas buah durian yang dimiliki. Namun orang nomor satu di Kalbar mengutarakan untuk mengirim ke luar negeri memiliki hambatan dari sektor pengiriman.

“Jadi masalah itu, durian unggul kita banyak tapi membuat keluar dari Kalbar untuk dipasarkan itu menjadi susah. Karena kalo lewat pesawat atau lewat kapal, bukan masalah ongkosnya melainkan pihak pesawat atau kapal rata-rata tidak mau mengirim durian apalagi dalam stok yang banyak, nah ini yang harus dipikirkan,” tuturnya.

Ia berharap pihak kementerian pertanian dan pemerintah pusat untuk mencarikan solusi, agar para petani buah Durian bisa meningkatkan produksi buah Durian dan memiliki semangat untuk bertani, yang mana nilai tukar petani bisa meningkat dan memiliki nilai ekonomi bagi para petani buah Durian.

“Ini lah yang harus diselesaikan oleh kementerian dan pemerintah pusat supaya masyarakat semangat untuk mengembangkan jenis buah-buahan, bukan hanya Durian saja melainkan buah-buahan lainnya,” ungkapnya. (Red).

Advertisement