Arsip

Waspada Seminggu ke Depan Angin Puting Beliung Masih Mengancam Kalbar

Advertisement

PONTIANAK – Setelah sekitar 17 hari tidak hujan di Kota Pontianak dan sekitarnya, akhirnya terjadi hujan secara tidak merata di sebagian wilayah Kota Pontianak dan Kubu Raya, Selasa sore (13/8/2019). Hujan turun dengan intensitas lebat berdurasi singkat disertai angin kencang berdurasi singkat.

Advertisement

Berdasarkan Laporan Warga telah terjadi Angin Puting Beliung di wilayah Sungai Ambawang, Kab. Kubu Raya.

Berdasarkan data kecepatan angin maksimum di Stasiun Meteorologi Supadio, Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak, dan Stasiun Klimatologi Mempawah, tidak menunjukkan adanya angin kencang. Analisis menggunakan radar cuaca dengan produk PPI Radial Velocity pada elevasi terendah diperoleh kecepatan angin hingga 45 knot (sekitar 81 km/jam) di sekitar lokasi kejadian pada jam 15.29 WIB.

Kejadian ini bersifat lokal, hanya di wilayah dengan radius yang tidak luas akibat adanya aktivitas awan Cumulonimbus. Pembentukan awan Cumulonimbus ini diakibatkan konvektif yang kuat/tinggi di sekitar Kota Pontianak.

Saat ini hujan baru turun di sebagian Kab/ Kota: Kapuas Hulu, Bengkayang, Landak, Sambas, Pontianak, dan Kubu Raya. Diprakirakan hujan ke depan akan meluas ke wilayah Kalbar lainnya hingga 1 minggu ke depan dengan intensitas ringan – sedang hingga lebat.

Sehubungan dengan belum meratanya curah hujan, Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak tetap mengimbau agar tidak melakukan aktivitas pembakaran hutan dan lahan.

Dengan diprakirakannya hujan hingga beberapa hari ke depan, maka perlu diwaspadai potensi terjadinya hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat terutama pada siang hingga sore hari.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak membuka layanan informasi cuaca 24 jam dapat menghubungi melalui :

• call center 0561 – 721142 ;

• http://kalbar.bmkg.go.id;

• follow Fanspage Facebook dan Instagram : @infoBMKGKalbar;

• atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Laporan ini dikeluarkan oleh Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak, Erika Mardiyanti. (Red)

Advertisement