Arsip

Indonesia Berduka, Ibu Negara Ke-6 Meninggal Dunia

Advertisement

PONTIANAK – Ibu Negara Indonesia ke-6, Hj Kristiani Herrawati binti Sarwo Edhie Wibowo (Ani Yudhoyono) dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit National University Hospital, Singapura, pada pukul 11.50 waktu setempat, Sabtu (1/6/19).

Sebelum meninggal dunia, Ibu Ani sempat dinyatakan kritis sejak Kamis (30/5/2019) malam.

Diketahui, Ani Yudhoyono mengidap kanker dan dirawat sejak Februari 2019. Jenazah istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu akan dipulangkan ke Indonesia pada Minggu 2 Juni besok.

Advertisement
Foto: Ibu Ani Yudhoyono saat menjalani perawatan medis
Sumber foto: IG Ibu Ani Yudhoyono
Sumber foto: IG ibu Ani Yudhoyono

Melalui keterangan Persnya, Besan SBY, Hatta Rajasa mewakili keluarnya menyampaikan jenazah Ani Yudhoyono sebelum diterbangkan ke Tanah Air akan disalatkan dulu di masjid Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura.

“Jenazah akan disemayamkan di Kedutaan Besar RI di Singapura, akan dimandikan secara syariat Islam dan akan disalatkan di masjid Kedutaan Besar RI,” kata Hatta Rajasa kepada pers yang disiarkan langsung di salah satu TV nasional, Sabtu (1/6).

“Insya Allah, besok hari (Minggu 2 Juni) pada pukul 07.00 pagi waktu Singapura jenazah akan diberangkatkan menuju Tanah Air dan akan disemayamkan di rumah duka di Cikeas (Bogor).”

Hatta Rajasa mengatakan jenazah Ani Yudhoyono akan dimakamkan besok setelah salat Zuhur di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. “Ba’da Zuhur jenazah akan diberangkan ke tempat peristirihatan terakhir di TMP Kalibata,” ujar Hatta Rajasa.

Mewakili keluarga SBY, Hatta Rajasa menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendoakan Ani Yudhoyono. Rencananya jenazah almarhuman akan dibawa menggunakan pesawat Hercules kenegaraan.

Sementara itu Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji juga menyampaikan bela sungkawa atas kepergian ibu negara Indonesia ke-6 tersebut.

“Assalamu’alaikum wr wb, Innalillahi wa inna illahi, Kita turut berduka yg mendalam atas berpulangnya kerachmatullah Ibu Ani Yudoyono, semoga chusnul chotimah, dan keluarga besar pak SBY dan Kel besar alm Sarwo Edy W tabah dan diberi kekuatan. Aamiiin,” Ujar Sutarmidji, melalui Facebooknya, Sabtu (1/6) siang.

Selamat jalan ibu Ani Yudhoyono, semoga amal ibadahmu diterima disisi Allah S.W.T, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Amin. (Red).

Advertisement