Arsip

Mahasiswa Apresiasi Polda Kalbar Penanganan Aksi 22 Mei

Advertisement

PONTIANAK – Bertempat di Resto Pizza Hut Jalan ahmad Yani II Pontianak (Rabu, 29/5) Kapolda Kalbar Didi Haryono, Buka puasa bersama organisasi Kemahasiswaan dan organisasi Kepemudaan – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi se Kalimantan Barat.

Buka puasa bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dengan Kapolda Kalbar ini merupakan jalinan silaturahmi yang terus dipupuk Polri dalam hal ini Polda Kalbar dengan BEM, harapannya makin meningkatkan soliditas dan sinergitas untuk selalu bergandengan tangan dalam menjaga stabilitas keamanan guna terciptanya Kalimantan Barat yang aman, damai, kondusif, energik dan Mantap.

Advertisement

Nampak hadir Direktur Intelkam Polda Kalbar Kombes Pol Dally Achmad Mutiara, Direktur Binmas Kombes Pol Mujiyono dan Kabid Humas Polda Kalbar AKBP Donny Charles Go serta hampir seratus orang anggota organisasi Kemahasiswaan dan organisasi Kepemudaan dari badan koordinasi HMI Kalbar, PMII Kalbar, GMKI Kalbar, PMKRI Kalbar, HIMA BUDI Kalbar, KAMMI Kalbar, dan BEM UNU Kalbar.

Berbagai hal disampaikan oleh Kapolda Kalbar terkait situasi kamtibmas terkini, situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Kalbar sangat kondusif. Sempat sedikit memanas di wilayah Kecamatan Pontianak Timur saat massa aksi 22 Mei lalu, namun karena kesigapan TNI-Polri dalam pengamanan dan penanganan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan pola yang tepat, melibatkan Forkopimda dan segenap tokoh masyarakat, semua bisa kita reda dan bisa kita tangani dengan baik,” kata Irjen Pol Didi Haryono.

Ia meminta agar anggota BEM ikut berperan berpartisipasi aktif dengan pihak-pihak terkait bersama masyarakat tetap menjaga kondisi aman ini. Mahasiswa harus mampu membedakan informasi yang benar dan mana informasi yang hoaks, apabila berita itu bohong maka bantu sampaikan bahwa berita itu hoaks.

“Saat ini, kami TNI-Polri dan pemerintah sedang melaksanakan agenda pengamanan hari Raya Idul Fitri 1440 H di Wilayah Kalbar, harapannya Lebaran ditahun ini semua berjalan lancar,” ujar Kapolda Kalbar.

Selain itu, ia berbicara persoalan lain yang harus menjadi atensi bersama terkait mulai meningkatnya harga 3 (tiga) kebutuhan pokok khususnya daging, minyak goreng dan beras yang mulai merangkak naik melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sudah ditentukan.

“Kita akan lakukan penindakan, biasanya menjelang Idul Fitri ada saja yang berspekulasi untuk menimbun bahkan menaikkan harga kebutuhan pangan dan seterusnya, ini akan kita sikapi,” ujar Irjen Pol Didi Haryono.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PKC PMII Kalbar, Mu’ammar Kadafi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kapolda Kalbar Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono dan jajarannya yang sangat sigap terkait penanganan insiden 22 Mei 2019 kemaren.

“Kedekatan beliau dengan semua kalangan masyarakat dinilai menjadi modal dan senjata utama yang mampu meredam percikan api kemaren,” ujar Ketua Umum PKC PMII Kalbar, Mu’ammar Kadafi.

Demikian juga, terkait kegiatan buka puasa bersama ini, kami sangat antusias, di sela-sela kesibukannya beliau selaku Kapolda Kalbar, ia masih menyempatkan diri untuk meluangkan waktu bersilahturahmi dengan kami selaku organisasi Kemahasiswaan dan organisasi Kepemudaan.

“Kami semua memahami, bahwa menjaga situasi Kalbar untuk selalu tetap kondusif bukan hanya tugas aparat Kepolisian, namun melainkan tugas semua elemen masyarakat untuk mewujudkannya. Untuk itu kami mengajak Mari kita jaga dan rawat Kalimantan Barat yang penuh keberagaman ini,” pungkasnya. (Red).

Advertisement