Kapolsek Ambalau Belikan Kamus Bahasa Inggris Untuk Pelajar

SINTANG – Untuk membantu pemerintah mencerdaskan anak bangsa di daerah pedalaman, Kapolsek Ambalau, Polres Sintang, Iptu MR. Pardosi, SH menyisihkan gajinya untuk membeli fasilitas belajar seperti Kamus Bahasa Ingris untuk para pelajar di wilayah kerjanya.

Seperti yang ia lakukan pada Jumat 17 Mei 2019, sekitar pukul 06.30 WIB, di Desa Kemangai, Kecamatan Ambalau, Kabupaten Sintang, tepatnya di Lanting atau Dermaga Mini penyeberangan para pelajar menuju sekolah masing-masing.

Di lanting penyeberangan tersebut Kapolsek Ambalau membagikan Buku Kamus Bahasa Inggris sebanyak 20 buah kepada para Pelajar Ambalau secara acak, dari pelajar SMA, SMP dan SD. Pemberian Kamus Bahasa Inggris ini bermula dari keprihatinan Kapolsek atas kemampuan pelajar Ambalau yang rendah kemampuannya dalam berbahasa Inggrisnya.

“Sarana pendukung berupa Kamus Bahasa Inggris yang sangat minim hampir semua pelajar di Ambalau tidak memiliki Kamus Bahasa Inggris,” tutur Iptu MR. Pardosi, SH.

Iptu Pardosi menambahkan, dengan adanya fasilitas belajar berupa kamus bahasa Inggris ini dapat memacu semangat Pelajar Ambalau agar bisa Berbahasa Inggris dan pengetahuan berbahasa Inggris tidak tertinggal jauh dari pelajar kecamatan lain.

Salah satu tokoh wanita Ambalau yang biasa dipanggil kak Beka yang juga pemilik salah satu Lanting di Kemangai mengatakan, sangat senang melihat anggota polri bisa berbagi dengan warga pedalaman, terlebih di sektor pendidikan seperti ini serta berbaur dengan masyarakat.

“Pak Pardosi Kapolsek Ambalau ini memang terlihat dekat dengan anak-anak muda Ambalau, dan saya senang cara beliau yang selalu menyemangati para Pelajar. Beliau sering saya dengar bilang ke para pelajar, kita boleh tinggal di pedalaman, tapi semangat jangan padam, kita boleh tinggal di kampung, tapi kita tidak boleh kampungan,” Jelas Beka.

Kapolsek mengatakan bahwa berbagi itu indah, walau tidak seberapa, tetapi ada manfaatnya. Semoga Kamus Bahasa Inggris ini bisa menyemangati para pelajar Ambalau untuk belajar Bahasa Inggris. Karena dengan menguasai Bahasa Inggris, ibarat kita menggenggam dunia, karena Bahasa Inggris adalah Bahasa Dunia atau bahasa Internasional.

“Pelajar Ambalau, Genggamlah dunia dengan menguasai Bahasa Inggris,” pesan Kapolsek Ambalau kepada para pelajar di Ambalau.

Secara geografis, Kecamatan Ambalau adalah kecamatan paling pedalaman di kabupaten Sintang, Kalimantan Barat yang terletak di jalur sungai Melawi yang 90 % wilayahnya hanya bisa ditempuh melalui air (sungai Melawi) dan berbatasan langsung dengan provinsi Kalimantan Tengah. Mayoritas penduduk di daerah ini adalah Suku Dayak Sub U’ud Danum dan beragama Katolik dengan penghasilan Perkapita penduduk paling rendah dari seluruh kecamatan di Kabupaten Sintang. (Red).