Arsip

Sutarmidji Dorong Kades Tingkatkan Status Desa Jadi Desa Mandiri

Advertisement

PONTIANAK – Gubernur Kalbar Sutarmidji meminta kepada para Kepala Desa (Kades) se Kalbar agar agar dapat meningkatkan status desa menjadi desa mandiri karena saat ini di Provinsi Kalbar hanya ada 1 desa mandiri di Kabupaten Kayong Utara.

“Kami targetkan dalam kurun waktu 5 tahun kedepan, akan tercipta 10-20 persen desa mandiri di Kalbar,” pinta Sutarmidji, Jumat (10/5), saat Silaturahmi Nasional dan Workshop Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia Bersama Pusat Kajian Tata Kelola Keuangan dan Pembangunan Pemerintahan Desa Se Kalbar di Hotel Aston.

Advertisement

c

Dikatakannya, dalam upaya mewujudkan Desa Mandiri, Pemprov Kalbar telah membangun sinergi dengan TNI-Polri dan Pemkab se Kalbar untuk dapat mewujudkan Desa Mandiri di Kalbar.

Ada 52 indikator desa mandiri yang harus dipenuhi oleh sebuah desa untuk menjadi desa mandiri. Untuk mencapai 52 indikator dalam mewujudkan desa mandiri, seperti yang dilakukan oleh Pemkab di Kalbar menggunakan dana desanya untuk program prioritas di tingkat desa, guna mewujudkan desa mandiri.

“Untuk mencapai target akan diperkuat dengan peraturan gubernur. Ke depan sinergi antara pemerintah provinsi, kabupaten dan desa akan diperkuat,” ujarnya. (Red).

Advertisement