Banjir Genangi Sejumlah Desa di Putussibau Selatan

oleh -138 views

KAPUAS HULU – Akibat hujan yang mengguyur kabupaten Kapuas Hulu beberapa hari terakhir menyebabkan sejumlah daerah tergenang banjir, salah satunya di beberapa desa di kecamatan Putussibau Selatan, Senin pagi, 29 April 2019.

Adapun desa yang terkena banjir antara lain seperti desa Sayut, desa Lunsa, desa Ingkotambai dan desa Melapi. Selain beberapa desa tersebut juga terdapat desa di perhuluan seperti desa Cempaka Baru, dan desa Beringin Jaya juga dilanda banjir dengan kedalaman air mencapai 1,5 meter. Selain itu di wilayah Kedamin Hilir yakni teluk barak juga tergenang banjir, dimana daerah ini memang menjadi langganan banjir setiap musim hujan tiba.

Menurut warga desa Sayut, kondisi banjir ini sudah terjadi dua hari terakhir yakni mulai Sabtu dinihari dan sempat surut pada Sabtu malam, kemudian air kembali naik pada Minggu dinihari, namun hingga saat ini air mulai surut.

“Karena hujannya terlalu deras makanya terjadi banjir seperti ini, memang kalau banjir seperti ini selalu menghambat aktivitas warga, seperti anak sekolah, petani juga terhalang,” tutur Kambut salah satu wraga setempat.

Untuk menghindari banjir warga membentuk rumah panggung. Meski banjir tidak begitu parah namun sempat melumpuhkan aktivitas warga. Selain itu warga terpaksa meninggalkan kendaraannya di jalan raya karena tidak bisa masuk ke perkampungan atau pemukiman karena banjir.

Masyarakat berharap kondisi banjir segera surut, sehingga dapat beraktivitas seperti biasa dan dapat melanjutkan pekerjaan yang sempat tertunda karena banjir. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.