Arsip

STQ ke XXV Tingkat Provinsi di Kota Singkawang Resmi Dibuka

Advertisement

SINGKAWANG – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) membuka Seleksi Tilawatil Qur’an Ke XXV Tingkat Provinsi Kalbar di Kota Singkawang.

Dalam kegiatan STQ ini menurutnya sebagai ajang persiapan STQ tingkat nasional yang akan direncanakan pada bulan juni mendatang.

“Saya berharap setelah selesai acara ini, kita segera menetapkan kafilah Kalbar untuk di tingkat Nasional,” ungkap Gubernur Kalbar Sutarmidji usai membuka STQ ke XXV Tingkat Provinsi Kalbar di Lapangan Kridasana, Kota Singkawang, Sabtu (28/4) malam.

Advertisement

Sebagai tuan rumah, Pemerintah Provinsi ia menyebutkan tengah mempersiapkan tempat-tempat penyelenggaraan STQ Nasional di beberapa titik di Kota Pontianak, Akan ada banyak tempat-tempat yang menjadi kenangan selama penyelenggaraan STQ Tingkat Nasional.

“Pertama mimbar tilawah itu akan berada di titik nol derajat lintang utara dan lintang selatan dan belum ada diadakan diseluruh dunia, kita yang pertama kali lakukan. Untuk mimbar tilawah kedua diatas sungai Kapuas kita sendang bangun, InsyaAllah menjadi kenangan bahwa Kalbar pernah menjadi penyelenggara STQ tingkat Nasional,” tegasnya.

Untuk STQ Ke XXV tingkat Provinsi ini di Kota Singkawang sebagai momentum kita bersama guna mengukir prestasi di tingkat nasional.

“Di Kota Singkawang Mudah-mudahan sebagai momentum kita untuk berprestasi di tingkat nasional di ajang STQ ini. Karena tahun depan kita harus mempersiapkan MTQ di tingkat nasional,” Katanya.

Sutarmidji berharap Kalbar sebagai tuan rumah STQ Tingkat Nasional menjadi ajang mengukir prestasi bagi qori dan qoriah sehingga membanggakan Kalbar. Apalagi Kalbar dulunya dikenal sebagai gudangnya qori dan qoriah.

“Saya minta Dewan Hakim harus memperhatikan kontingen kita yang akan mewakili Kalbar. Percepat Training Center (TC) agar semuanya dipersiapkan secara matang,” imbuhnya.

Ia pun menargetkan kepada para kafah untuk menjadi juara di ajang STQ nasional dan MTQ nasional pada tahun depan guna mengharumkan nama daerah Kalbar.

“Kalo dilihat dari ajang kemaren di provinsi medan allhamdulillah kita mendapatkan juara. Target saya antar tiga sampai lima juara ditingkat nasional,” tegasnya. (Red).

Advertisement