Keamanan Gudang Logistik Pemilu Jadi Perhatian Serius Polda Kalbar

SINGKAWANG – Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono di sela kunjungannya di Kota Singkawang mengawali minggu pagi dengan Jogging di lintasan Car Free Day sembari menemui warga minum kopi bareng di warkop nikmat, banyak hal dibahas terkait kamtibmas, Minggu (28/4/2019).

“Kami sangat senang, bisa berjumpa ngopi bareng bersama Pa Buyung, Abdulsani, Masud, Ramli, Bu Nurlaela, Bu Zasimah, dan yang lainnya, mereka semua adalah teman saya di kota singkawang. Kami bangga warga Singkawang makin dewasa dalam berdemokrasi, tahapan pemilu berjalan lancar, dalam catatan kami tidak ada TPS yang melakukan pemilihan suara ulang (PSU) maupun pemilihan suara lanjutan (PSL), artinya aman pemilu di Kota Singkawang ini,” kata Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono.

Ada dua agenda di kota seribu kelenteng ini, hari sabtu kemarin sudah dilaksanakan yakni pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXV Tingkat Provinsi Kalbar di Kota Singkawang dan penyerahan pinjam pakai 83 unit mobil barang bukti oleh Kapolda kepada warga Kota Singkawang.

Selanjutnya, Minggu siang, Kapolda Kalbar didampingi Walikota Singkawang Tjhai Chui Mi , Irwasda Polda Kalbar Kombes Pol Andi Musa, Direktur Intelejen Polda Kalbar Kombes Pol Dally Achmad Mutiara, Kapolres Singkawang AKBP Raymond M Masengi dan Komandan Kodim 1202/Singkawang Letkol Arm Victor Jacob meninjau pelaksanaan pengamanan dan rapat pleno KPU Kota Singkawang, bertempat di Hotel Dangau Singkawang, tampak hadir juga ketua Bawaslu Kalbar Ruhermansyah, Ketua KPU Singkawang, Riko dan Ketua Bawaslu Singkawang, Zulita.

“Kami bersama sengaja melakukan pengecekan pelaksanaan pengamanan pleno KPU ini untuk memastikan kesiagaan anggota dilapangan. 230 personel polri dan 20 personel TNI disiagakan secara berlapis dalam pengamanan tempat pleno ini,” ujar Kapolda Kalbar.

Kemudian rombongan menuju kantor KPU Singkawang di jalan Dr. Sutomo yang sekaligus menjadi salah satu gudang penyimpanan logistik hasil pemilu, yang diamankan oleh 90 personel Polri dan 10 personel TNI. Kelengkapan perorangan, sarana pengamanan dan gudang penyimpanan logistik hasil pemilu ditinjau langsung oleh Kapolda Kalbar.

“Kami ingatkan bahwa kotak suara, surat suara dan dokumen hasil pemilu yang ada di gudang KPU ini merupakan dokumen negara yang harus dijaga. Sehingga perlu di antisipasi dan dicegah dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pertebal personel keamanannya, laksanakan sesuai SOP dan koordinasikan dengan KPUD,” jelas Irjen Pol Didi Haryono.

Tidak hanya sampai disitu, Kapolda kalbar melanjutkan peninjauan kembali pengamanan 2 (dua) gudang penyimpanan kotak suara dan surat suara hasil pemilu yang berlokasi di ruko Jalan Gusti Lelanang dan ruko Jalan Yohana gudang Singkawang.

Sebagai informasi, dalam Pemilu Pilpres dan Pileg 2019, terdata DPT di KPU Singkawang sejumlah 160.753 pemilih yang tersebar di 5 PPK dengan tempat pemungutan suara sejumlah 673 TPS. (Red).