Kapolda Kalbar Pantau PSU di Sanggau & Bengkayang

oleh -66 views

KALBAR – Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono bertolak menuju Kabupaten Sanggau menggunakan Hellycopter mengunjungi TPS 04 yang melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Desa Maju Karya, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Kamis (25/4/2019).

Tercatat ada 18 TPS yang melaksanakan PSU dan PSL pada Kamis (25/4). Seperti diketahui, Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dilaksanakan lantaran adanya kesalahan dalam prosesi pemungutan suara pada Rabu, 17 April lalu dan protes masyarakat yang meminta agar Pemilu ulang kembali dilaksanakan.

“Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Sanggau dilaksanakan di 3 TPS yang lokasinya berada di Kecamatan Kapuas, Kecamatan Parindu dan Kecamatan Kembayan. Selain itu di Kapuas Hulu 2, Sintang ada 4, Melawi ada 1, Landak ada 2, Polresta 1, Ketapang ada 1 dan Bengkayang ada 1,” kata Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono.

Dalam kunjungan ke TPS, Kapolda juga didampingi Karo Ops Polda Kalbar Kombes Pol Jayadi, Direktur Intelejen Polda Kalbar Kombes Pol Dally Achmad Mutiara, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Gede Setiawan, dan Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar, Ruhermansyah dan pejabat lainya.

Kapolda Kalbar mengimbau kepada masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik, dan bersama menjaga situasi yang aman terhadap jalannya kegiatan tersebut.

“Saya percaya, warga sanggau makin dewasa dalam berdemokrasi. Pelaksanaan pemilu di Kabupaten Sanggau berjalan aman, selalu saya ingatkan kita tidak boleh under estimate, kita berlakukan sesuai standar keamanan dalam mengawal dan mengamankan pemilu ini, bahwa aman itu adalah kebutuhan dasar kita semua, yang mengelolanya adalah sama-sama masyarakan fan dengan stakeholder lainnya namun leading sectornya adalah Polri,” tuturnya.

Usai mengunjungi kecamatan Parindu mantan Wakapolda Kepulauan Riau ini langsung bertolak ke lokasi TPS 10 Desa Lembang, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang untuk meninjau Kegiatan Pemungutan Suara Ulang (PSU) disana, tampak hadir juga Kapolres Bengkayang AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, Kajati, Danlanud, Bawaslu dan komisioner KPU kabupaten Bengkayang.

“Tingkat partisipasi Pemilu 2019 meningkat. Warga Kalbar 81,76% memberikan hak suaranya. “Ini berkat upaya seluruh jajaran dalam mengelorakan warga masyarakat datang ke TPS. Polri dan TNI menjamin keamanan di TPS, Golput hanya sekitar 18%,” kata Kapolda.

Dalam kesempatan itu, Kalbar juga memerintahkan Kapolres/ta jajaran untuk mempertebal jumlah personel pengamanan surat suara, back up dengan personel Satgas Operasi Mantap Brata (OMB). “Bagi PPK yang sudah selesai pleno, lakukan pengawalan dan pengamanan pengiriman hasilnya ke KPU Kota, jangan lambat, koordinasi dengan KPU Kota untuk melakukan penerimaan dan backup pengamanannya,” tutupnya. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.