Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2019

PONTIANAK – Pesta demokrasi di Kalimantan Barat berjalan aman dan damai. Terlihat dari beberapa TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang ada di sekitaran Kota Pontianak ramai dipadati masyarakat yang ingin berpartisipasi memilih wakil rakyat dan calon pemimpin Indonesia lima tahun kedepan.

Seperti yang ada di TPS 009 yang berada di Kelurahan Sungai Beliung, Kecamatan Pontianak Barat. Tempat dimana Gubernur Kalbar Sutarmidji terdaftar dalam salah satu pemilih.

Semenjak pukul 08.00 WIB, TPS terlihat ramai didatangi warga dengan aktifitas pencoblososan. Gubernur Kalbar Sutarmidji datang bersama istri, Lismaryani dan kedua anaknya untuk mencoblos.

Tiba di TPS orang nomor satu di Kalbar itu langsung mendaftar dan menerima lima surat suara dan masuk ke bilik suara disusul istri dan kedua putrinya.

Usai mencoblos, ia sengaja memasukkan jari telunjuk dan kelingking kedalam tinta.

“Selesai kewajiban mencoblos sebagai warga negara yang baik hari ini dan sudah menggunakan hak pilih saya,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (17/4/2019).

Terkait isu akan ada dapur umum dan sebagainya, diakui Midji Pemilu kali ini hanya heboh dimedia sosial saja sementara kenyataan berjalan aman dan lancar.

“Di medsos saja hebohnya isu akan ada dapur umum dan lainnya kenyataan lancar, masyarakat tenang-tenang saja,” ujarnya.

Menurutnya, Kalbar menjadi salah satu kawasan dengan jumlah pemilih mencapai 75 persen.

“Perkiraan saya jumlah partisipasi kita lebih dari 75 persen,” tuturnya.

Terkait keamanan, orang nomor satu di Provinsi Kalbar menjelaskan jika di Kalbar sejauh ini terpantau aman dan berharap masyarakat dapat terus menjaga situasi kondusif hingga hasil suara diumumkan dan ditetapkan oleh KPU.

“Kalbar Insha Allah aman, dan tentu kita harus tetap menjaga situasi seperti ini hingga penetapan,” tegasnya.

Terkait hasil nanti, ia meyakini atas hasil dari upaya yang telah dilakukan maka semua harus menerima dengan lapang dada.

“Kita meyakini semua usaha sudah dilaksanakan dan siapapun nanti yang terpilih maka harus menjalankan visi misi yang dijanjikan. Termasuk mereka yang terpilih sebagai anggota DPD, DPR, DPRD, mereka wakil rakyat yang telah terpilih sehingga seluruh program yang direncanakan harus dilaksanakan,” paparnya.

Gubernur Kalbar Sutramidji menambahkan jika masyarakat harus bersabar terkait pemilihan cepat hingga sore nanti.

“Apapun hasilnya yang paling benar setelah penetapan pleno KPU, kita tunggu hasil akhirnya nanti,” pungkasnya.

Sementara itu di tempat yang berbeda Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan bersama Istrinya Erlina Ria Norsan juga ikut menggunakan hak pilihnya di TPS 008 jalan Raden Soejarwo, Kelurahan terusan, Kecamatan Mempawah hilir, Kabupaten Mempawah pada pukul 08.00 WIB. (Red).