Arsip

Kapolda Kalbar Cek Kesiapan TPS & Personel Melalui Jalur Laut

Advertisement

KUBU RAYA – Untuk memastikan situasi aman hingga ke TPS, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, turun langsung mengecek pendistribusian logistik Pemilu Serentak 2019 ke sejumlah tempat. Salah satunya adalah daerah perairan yang sulit dijangkau, seperti di Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

Jenderal bintang dua itu ditemani Kepala Biro Operasi Polda Kalbar Kombes Pol Jayadi, Kapolresta Pontianak Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir, Direktur Reskrimum Polda Kalbar Kombes Pol Veris Septiansyah, Direktur Sabhara Kombes Pol Pulung Rohmadianto, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Kalbar Kombes Pol Amostian, dan Komandan Komando Distrik Militer 1207, Kolonel Armed Jantje Stefie Nuhujanan.

Saat berada di atas kapal laut, Kapolda menjelaskan ia bersama jajaranya langsung melihat ke lokasi pendistribusian logistik Pemilu Serentak 2019 melalui jalur laut di wilayah hukum Polsek Sungai Kakap guna meninjau TPS Sepok Laut.

Advertisement

“Di Kecamatan Sungai Kakap ada 361 TPS. DPT 83.902 pemilih. Ada 2 desa di kepulauan Sepok Laut dan Tanjung Saleh. Memakai 5 speed menuju lokasi,” Ujar Kapolda.

Kapolda Kalbar memastikan personel pengamanan dan logistik pemilu sudah sampai di TPS.

“Kita sama-sama mengantarkan kotak suara ke Sepok Laut. Kita ketahui di Kalbar ada jalur air. Anggota kita mengantarkan lebih jauh lagi. Sampai menyebrangi sungai, dan laut. Kemudian kembali lagi. Mudah-mudahan lancar. Dan bisa mengambil kebijakan jika ada sesuatu lain hal. Hampir seluruh Kalbar, sudah terdistribusikan. Malam ini harus sampai TPS. Dengan kondisi geografi sulit dan landai. Kita sudah ploating personel TNI-Polri di Kalbar. Mereka memahami wilayahnya,” ujar Tutur Irjen Pol Didi Haryono.

Kapolda mengingatkan, ”Untuk tidak ada yang Golput. Itu sebagai penyaluran demokrasi. Ini untuk kita bersama. Kami jamin aman,”. Tidak hanya itu, Kapolda terus menerus kembali mengingatkan, ”Sesuai aturan KPU pada saat mencoblos tidak boleh bawa HP,”.

Lalu untuk jumlah personel berapa? Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono menjelaskan, ”Para personel 12.776 sudah diberikan pemahaman berada di luar TPS lima puluh meter. Sambil memantau. Dan boleh mengitari. Memberikan keyakinan kepada calon pemilih itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman. Nanti malam kita akan memantau daerah-daerah bersama Pangdam, Dandim, Kapolresta,” (Red).

Advertisement