Tempuh Perjalanan Dua Hari, Pendistribusian Logistik Pemilu Tiba di Ambalau

SINTANG – Logistik Pemilu tahun 2019 untuk kecamatan terjauh di kabupaten Sintang yaitu kecamatan Ambalau, telah bergerak dari gudang logistik pemilu KPU Sintang, Jalan PKP Mujahidin Sintang, sekitar pukul 12.15 WIB, Kamis 4 April 2019.

Logistik Pemilu untuk kecamatan Ambalau tersebut dibawa menggunakan dua buah Truk melewati kecamatan Ella hulu, Menukung dan kecamatan Serawai yang merupakan jalan tanah berbatu area perkebunan sawit.

Kedua Truk pengangkut logistik Pemilu tersebut tiba dan bermalam di kecamatan Serawai sekitar pukul 22.15 WIB. Keesokan harinya, Jumat 5 April 2019 sekitar pukul 06.30 WIB, logistik Pemilu dibongkar-muat ke satu Kapal Motor (KM) dan selanjutnya pukul 09.30 WIB, logistik Pemilu tersebut dibawa melalui jalur sungai Melawi menuju kecamatan Ambalau yang kondisi sungainya berarus deras dan berbatu.

Kapolsek Ambalau Iptu Mr. Pardosi menjelaskan, kedatangan logistik Pemilu tersbeut tiba di Ambalau disambut langsung oleh Kapolsek, Camat dan perwakilan Koramil serta pihak penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan seperti PPK dan Panwascam.

“Pada pukul 14.30 WIB (perjalanan 5 jam), logistik Pemilu tiba di kecamatan Ambalau yang disambut oleh Kapolsek Ambalau, Iptu Mr. Pardosi, SH, Camat Ambalau, perwakilan Koramil Ambalau, PPK (panitia pemilihan kecamatan) dan Panwascam Ambalau,” jelas Kapolsek Ambalau kepada ruai.tv, Sabtu (6/4) sore.

Kapolsek menambahkan, bahwa logistik Pemilu untuk kecamatan Ambalau memang paling cepat disalurkan dari kecamatan-kecamatan lain yang ada di kabupaten Sintang, karena daerah tersebut adalah kecamatan paling jauh, paling pedalaman dan medan paling berat dari kecamatan lain yang ada di kabupaten Sintang.

Tim yang menyertai pergeseran logistik pemilu dari Sintang ke Ambalau terdiri atas 1 staf KPU kabupaten Sintang, 1 staf Bawaslu kabupaten Sintang, 2 personel Polsek Ambalau Briptu Aji dan Bripda Andi serta 1 personel Koramil Ambalau. Kapolsek Ambalau menjelaskan bahwa logistik pemilu untuk kecamatan Ambalau diangkut dari Serawai menuju Ambalau, karena jalan darat dari Serawai menuju kecamatan Ambalau terputus akibat longsor. (Red).