Kapolda Minta Kabid Humas Tingkatkan Kemampuan Menulis

PONTIANAK – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono, memimpin upacara serah terima jabatan pejabat utama Polda Kalbar, Selasa, 26 Maret 2019. Upacara serah terima jabatan itu di antaranya, Kabid humas Polda Kalbar dari Komisaris Besar Polisi (Kombes) Nanang Purnomo SH MH, kepada Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Donny Charles Go SIK, serta, Kabidkum Polda Kalbar dari Komisaris Besar Polisi (Kombes) Aris Haryanto SIK kepada Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Subiantoro SH SIK.

“Telah kita pahami bersama bahwa mutasi personel dan jabatan merupakan mekanisme organisasi untuk memberdayakan potensi sumber daya manusia yang dimiliki. Serta untuk menjaga regenerasi dengan tujuan meningkatnya kualitas kinerja organisasi,” kata Kapolda.

Tidak hanya itu, mutasi personel yang bersifat promosi seperti yang saat ini kita laksanakan, bertujuan demi memberikan penghargaan bagi personel atas prestasi yang telah dicapai serta merupakan bagian dari pembinaan karir.

“Jabatan Kabid humas dan Kabidkum Polda Kalbar merupakan jabatan di lingkungan Polda dengan karakteristik ruang lingkup tugas dan beban kinerja yang khas,” ujar Kapolda.

Kapolda mengingatkan, peran penting Kabid humas adalah menyelenggarakan kegiatan hubungan masyarakat (humas) di tingkat Polda, mengelola informasi, penyajian data, dokumentasi yang dapat diakses masyarakat, melaksanakan kerja sama, dan melaksanakan anev kegiatan tugas Bidhumas.

Peran penting Kabidkum Polda adalah sebagai perisai hukum yang mampu melindungi, memperjuangkan, memenangkan kepentingan institusi dan anggota polri melalui kegiatan: penyusunan dan penyuluhan hukum; serta pemberian bantuan hukum.

“Sering saya sampaikan, Bapak Kapolri mengamanatkan kepada kita bagaimana cara merebut kepercayaan publik. pertama, dengan melakukan reformasi kultural; kedua, dengan mereformasi kinerja; serta yang ketiga, dengan melakukan pengelolaan media,” tutur Kapolda.

Dalam kesempatan ini, khususnya Bidhumas Polda Kalbar bahwa media management urgent untuk dilaksanakan mengingat di era demokrasi media sudah menjadi pilar utama.

“Siapapun boleh menyampaikan opini dan menuliskan berita. Terlebih di zaman media sosial, semua orang yang memiliki akses internet dan memiliki akun media sosial, akan sangat mudah melontarkan opini dan bahkan menyiarkan informasi hoaks tanpa dibarengi dengan kesadaran dampak apa yang ditimbulkan dari postingannya,” kata Kapolda. “Untuk itulah, saya mengharapkan dari Kabid humas Polda Kalbar yang baru ini untuk meningkatkan kemampuan menulis, menganalisa, wawasan luas, paham kondisi atau karakter. Dan juga bagi para pengemban fungsi humas baik di tingkat Satker Polda maupun di seluruh Polres jajaran,”.

Kapolda Kalbar mengucapkan,”Kepada para pejabat lama, Kombes Pol Nanang Purnomo dan Kombes Pol Aris Haryanto, saya atas nama pribadi dan institusi mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas segala dedikasi, kontribusi, serta prestasi yang telah saudara-saudara berikan. Selamat jalan dan semoga di tempat yang baru, saudara-saudara semakin sukses lagi. Kepada para pejabat yang baru, AKBP Donny Charles Go dan AKBP Subiantoro selamat atas promosi jabatan di Polda Kalbar.

Kapolda berharap, ”Segera menyesuaikan diri dengan dinamika operasi dan pembinaan personel di sini. Terlebih saat ini kita sedang memasuki agenda nasional Pemilu 2019, sebagai elemen pendukung utama dalam menjamin kualitas kinerja personel polda kabar agar tetap profesional, proporsional, dan prosedural, serta sebagai perisai hukum personel polda kalbar yang tengah melaksanakan tugas di lapangan,”.

Ia juga menegaskan, teruskan, kembangkan prestasi, dan kemajuan yang telah dicapai oleh para pejabat lama.

“Selamat bertugas. Tidak lupa kepada para Bhayangkari dari pejabat lama, saya selaku pembina daerah Bhayangkari dan atas nama Ketua Daerah Bhayangkari, mengucapkan banyak terima kasih dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada ibu-ibu semua yang telah mendampingi suami dalam menjalankan tugasnya. tetaplah menjadi pendamping yang setia bagi suami di manapun bertugas,” ucap Kapolda. “Kepada para Bhayangkari dari pejabat yang baru, selamat mengemban tugas baru mendampingi suami di Polda Kalbar. Kami semua di sini adalah keluarga besar yang siap bersama-sama dalam semangat untuk bersinergi serta harmonis dalam rangka menuju sukses melalui kebersamaan,” Tungkasnya. (Red).