Menjaga Silaturahmi Melalui Politik Santun

SEKADAU – Tidak terasa hari pencoblosan pemilu serentak tinggal sekitar 25 hari lagi. Menjelang hari pencoblosan 17 April 2019 ini, gaungan agar peserta pemilu menjaga kondusifitas dan politik santun juga terus disuarakan, baik oleh pemerintah, TNI, Polri maupun peserta pemilu.

Selain penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu sibuk mempersiapkan rangkaian pesta demokrasi yang pertama kali dilakukan serentak di seluruh Indonesia ini, para calon, baik itu Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota termasuk partai politik peserta pemilu juga gencar menggelar silaturahmi bersama konstituennya di masing-masing daerah pemilihan.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu Caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa, daerah pemilihan Sekadau dua, meliputi Sekadau Hulu, Nanga Taman dan Nanga Mahap, AKP (Purn) H. Hardik, SH, MH ini juga berupaya memberikan politik santun kepada pemilih di dapilnya dari sejak dimulainya masa kampanye oleh KPU hingga saat ini.

Dimomentum sisa waktu 25 hari menjelang hari pencoblosan ini oleh Hardik dimanfaatkan untuk bersilaturahmi baik bersama keluarga, masyarakat dan pemilih di daerahnya. Pria kelahiran Kecamatan Sekadau Hulu (Rawak) pun mengikuti acara silaturahmi dengan warga Rawak dan daerah lain sambil ia pulang kampung (Pulkam).

Untuk mengisi masa pensiunnya, AKP (Purn) H. Hardik, SH, MH ingin berbaur bersama masyarakat untuk membangun daerahnya. Terlebih dengan intelektual dan jenjang kariryang dinilai cukup cemerlang dengan latar belakang berpendidikan hukum ini akan ia terapkan kepada pemuda dan masyarakat di daerahnya sehingga Kabupaten Sekadau yang bisa disebut Bumi Lawang Kuari juga dapat memiliki daya saing dengan daerah lain.

“Kita mengutamakan silaturahmi dan berpolitik santun kepada masyarakat,” ujar Mantan Kasat Propam Polresta Pontianak ini.

Menurutnya silaturahmi mempunyai banyak arti dan manfaat. Di sela kegiatan yang juga dihadiri warga sekitar dan pendukungnya ini, para pendukungnya mengatakan bahwa silaturahmi mampu dimaknai dengan dua hal, yakni bahwa silaturahim memanjangkan usia dan membuka pintu rezeki dan beberapa keutamaan yang lain. Sementara itu, salah satu kerabat Hardik, Uju mengatakan, bahwa acara yang digelar di posko Partai Kebangkitan Bangsa Rawak ini murni disiapkan oleh masyarakat sekitar.

“Bagian dari keinginan masyarakat bertatap muka dengan calon dewan dapil 2 dari Partai Kebangkitan Bangsa,” Tutur uju warga Rawak.

Sementara itu, salah satu warga Sungai Sambang, Kecamatan Sekadau Hulu, memastikan dirinyta akan meluangkan waktu untuk memberikan hak suara pada hari pencoblosan 17 April mendatang untuk memberikan dukungan suara kepada calon pilihannya. (Red).