Ritual Adat Mudas Tanah

oleh -103 views

SEKADAU – Masyarakat desa Gonis Tekam dan desa Tapang Semadak, kecamatan Sekadau Hilir, kabupaten Sekadau, menggelar ritual adat Mudas tanah di area yang akan di bangun tower Sute, Kamis, 14 Februari 2019, sekitar pukul 08.00 Wib.

Tujuan Adat Mudas tanah adalah sebagai wujud permisi kepada leluhur yang menjaga alam di Dusun Gonis Rabu, sehingga warga dan karyawan yang akan mengerjakan proyek pembangunan tower Sutet dapat di jauhi dari mara bahaya dan selalu mendapatkan keselamatan dalam bekerja.

Warga setempat percaya tanah yang terkena pembangunan tower sutet tersebut adalah tanah yang dianggap keramat (balai ayau).

Adapun lokasi yang diadakannya ritual adat mudas tanah ini terdapat di area tower Sutet yang akan di bangun dengan kode nomor 197 berbatasan langsung dengan wilayah Desa Tapang Semadak. Untuk di Dusun Gonis Rabu ada 14 titik tower Sutet yang akan dibangun. Sehingga untuk keseluruhan di Desa Gonis Tekam berjumlah total 24 titik tower Sutet yang akan di bangun.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas desa setempat Brigadir Alexander Aldo menyampaikan beberapa hal kepada warga yang hadir untuk selalu mendukung program pemerintah yang membangun, untuk kemajuan bersama dalam segala aspek.

Selain itu ia juga mengapresiasi warga Dusun Gonis Rabu yang masih menjungjung tinggi adat istiadat, akan tetapi jangan sampai menyalah gunakan adat istiadat untuk kepentingan sepihak dan di manfaatkan sehingga merugikan pihak lain. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.