Arsip

Gubernur Kalbar Resmikan Rumah Sakit Perbatasan di Semitau

Advertisement

SEMITAU – Gubernur Kalbar Sutarmidji meresmikan rumah sakit umum pratama di kecamatan Semitau, Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu, (23/1).

Dalam peresmian rumah sakit itu, turut hadir Seketaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Dr. Oscar Pribadi bersama Bupati Kabupaten Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir yang mendampingi gubernur.

Orang nomor satu di Kalbar mengungkapkan, dengan adanya rumah sakit pratama ini merupakan rumah sakit yang sangat strategis yang ada di kabupaten Kapuas Hulu. Sebab rumah sakit tersebut berdekatan dengan perbatasan antara Kalbar dengan Malaysia sehingga bisa melayani masyarakat sekitarnya.

Advertisement

“Kita patut berbangga karena di daerah perbatasan ini sudah ada rumah sakit yang bisa melayani masyarakat. Dari segi fisik gedungnya sangat meyakinkan bahwa pelayanan rumah sakit akan lebih baik,” ungkap Gubernur Kalbar Sutarmidji.

Dirinya yang melihat berbagai fasilitas rumah sakit tersebut, cukup bagus untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Dengan adanya rumah sakit pratama semitau seiring program presiden Jokowi di tahun 2019 yang menggambil peningkatan Sumber Daya manusia (SDM) itu menjadi perhatian besar di bidang pendidikan dan kesehatan.

“Karena SDM yang baik itu tentu orangnya harus sehat dan itu menjadi perhatian kita semua. Nantinya akan bersinergi dengan rumah sakit rujukan nasional yang RSUD Soedarso di pontianak yang terus kita perbaiki juga dalam pelayanannya,” tuturnya.

Gubernur Kalbar Sutarmidji berharap kedepannya perhatian besar di bidang kesehatan semakin besar guna melayani masyarakat di kalbar. Untuk tenaga medisnya Gubernur Kalbar Sutarmidji akan terus pemerintah daerag mencukupi dengan berbagai fasilitas dan penunjang berbagai alat medis.

“Tadi bapak Bupati menyampaikan insentif dokter spesialis di kabupaten Kapuas Hulu minimal itu sudah 30 juta perbulan. Jadi tidak seperti yang dibilang bahwa insentifnya dokter lebih kecil dari tukang parkir,” kata Gubernur Kalbar Sutarmidji.

Lanjutnya, ada beberapa rumah sakit yang akan menjadi perhatiannya dalam spesifikasi pelayanan rumah sakit yang ada. Sedangkan untuk pimpinan rumah sakit pratama semitau ini, ia berharap untuk melakukan berbagai inovasi nantinya akan menghasilkan pelayanan yang prima dan baik.

“Memang kata orang mengurus rumah sakit itu tak gampang, nah ini harus dilakukan berbagai inovasi yang dilakukan oleh pimpinan rumah sakit dan saya yakin pimpinan rumah sakit ini bisa,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir mengatakan dengan adanya rumah sakit pratama semitau ini, bisa melayani masyarakat kecamatan semitau dan sekitarnya di bidang kesehatan. Dimana kecamatan ini yang berbatasan langsung antara Kalbar dan negara Malaysia yang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan tersebut lebih baik.

“Bedirinya rumah sakit ini dapat membantu masyarakat yang ada di sekitar sini. Karena rumah sakit umum daerah yang ada di kabupaten Kapuas Hulu sangat jauh, jika ada warga yang sakit harus menempuh sekitar empat jam dari sini. Padahal Idealnya dalam melayani kesehatan harus dibawah dua jam dari tempat rumah sakit yang dilayani,” ungkap Abang Muhammad Nasir Bupati Kabupaten Kapuas Hulu.

Lokasi rumah sakit tersebut letaknya sangat strategis dan tidak jauh dari sungai. Karena aliran sungai masih menjadi prioritas transportasi utama warga di kabupaten Kapuas Hulu. (Red).

Advertisement