Warga Protes Jalan Rusak dengan Tanam Pisang

INGKAWANG – Warga Jalan Baru, kelurahan Sanggau Kulor, kecamatan Singkawang Timur, kecewa kepada pemerintah setempat, karena jalan penghubung antara kecamatan Singkawang Selatan dan Timur rusak parah selama belasan tahun namun hingga saat ini belum diperbaiki, sehingga melakukan aksi tanam pisang di sepanjang ruas jalan.

Hal itu Sebagai bentuk protes, warga, karena di Jalan yang rusak tersebut kerap membuat pengendara sepeda motor terjatuh setiap harinya,

Menurut Ketua RT 03/ RW 01, kelurahan Sanggau Kulor, Jun Sen, perbaikan jalan pernah dilakukan pada masa pemerintahan Wali Kota Singkawang, Hasan Karman, namun saat ini kembali rusak yang diduga akibat aktivitas truk pengangkut material tanah kuning setiap harinya. Sementara itu, Kepala Bagian Operasi Satlantas Polres Singkawang, Iptu Jamian yang sempat datang ke lokasi mengimbau kepada warga untuk berhati hati saat melintasi jalan baru.

Menyikapi persoalan ini, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie langsung menggelar rapat koordinasi bersama camat dan lurah setempat untuk membahas kerusakan Jalan Baru, kelurahan Sanggau Kulor, sekitar pukul 13.00 WIB, Kamis siang (17/1).

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie telah memerintahkan Dinas PUPR bersama camat dan lurah kelurahan Sanggau Kulor, kecamatan Singkawang Timur untuk menindaklanjuti kerusakan jalan yang di keluhkan warga setempat.

Hal itu diungkapkan Tjhai Chui Mie, usai meninjau langsung lokasi Jalan Baru, kelurahan Sanggau Kulor, kecamatan Singkawang Timur, bersama kepala Dinas PUPR, camat dan lurah sanggau kulor, Kamis pagi (17/1)

Menindaklanjuti instruksi Wali Kota Singkawang, kepala Dinas PUPR Singkawang, bersama camat dan lurah sanggau kulor, langsung menggelar rapat koordinasi secara tertutup di ruang Kepala Dinas PUPR.

Sambil melihat anggaran yang ada, Tjhai Chui Mie juga meminta partisipasi dari pihak ketiga (galian c) untuk memberikan bantuan berupa tanah untuk melakukan penimbunan guna menutupi lubang yang dalam. Hal itu ditekankan dia, lantaran kerusakan jalan tersebut, diduga sumbernya berasal dari seringnya truk-truk pengangkut tanah kuning yang keluar masuk melewati jalan itu, sehingga hal itu dapat merusak jalan bahkan berlubang dan berlumpur.

Intinya kata Tjhai Chui Mie, utamakan keselamatan pengguna jalan khususnya yang tinggal di jalan Baru, kelurahan Sanggau Kulor, kecamatan Singkawang Timur. (Red).