Arsip

Kapolda Paparkan Rencana Pembangunan SPN di Hadapan Anggota DPRD Kalbar

Advertisement

PONTIANAK – Kapolda Kalbar, Irjen Pol. Didi Haryono didampingi Gubernur Kalbar Sutarmidji, Wakil Ketua DPRD Kalbar, Suriansyah, Ermin Elviani, Suma Jenny dan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie memaparkan rencana Pembangunan Gedung SPN Polda Kalbar di Kota Singkawang, di Gedung DPRD Kalbar, Selasa (15/1).

Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono mengatakan saat ini Gedung Sekolah Kepolisian Negara (SPN) sudah tidak memadai dan berada ditengah Kota Pontianak dan sudah tidak representatif serta giat lapangan jarak tempuh jauh.

“Luas lahan SPN saat ini hanya 14,875 M2 sudah tidak efektif dan efisien untuk giat Pendidikan dan latihan,” papar Irjen Pol Didi Haryono di Gedung DPRD Kalbar. Kapolda Kalbar juga menerina hibah Lahan untuk dibangun Gedung SPN Polda Kalbar dari Pemerintah Provinsi Kalbar. “Kapolda Kalbar telah menerima dari masyarakat hibah sebesar 40 hektar lahan untuk bangun Gedung SPN Polda Kalbar di Kota Singkawang,” jelasnya.

Advertisement

SPN secara struktural dibawah Kapolda dan secara fungsional langsung berada di bawah Kapolri cq Kalemdiklat Polri. “Luas tanah keseluruhan milik SPN 44.070 M2. Luas tanah yang digunakan untuk Mako dan Operasional SPN 14,875M2. 700 M2 untuk Diklat,” ujarnya.

Dijelaskannya, lahan yang akan di Bangun Gedung Mako SPN ini berada di Jalan Conglongkong RT.10/RW.04 Kelurahan Sagatani Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang. “Luas lokasi 40 Ha, lokasi I seluas 9,1 Ha dan Lokaso II seluas 30,9 Ha. Total keseluruhan tahap I sebesar Rp 155.268.047.300,” katanya lagi.

Kemudian pembangunan Gedung SPN tahap II sebesar Rp 185.117.521.500. sehingga total anggaran untuk pembangunan Gedung SPN sebesar 340.385.568.000. Juru bicara Fraksi PDIP DPRD Kalbar Martinus Sudarno menyatakan DPRD Kalbar mendukung sepenuhnya pembangunan Gedung SPN di Kota Singkawang. “Kapasitas SPN sekarang sudah tidak memungkinkan untuk menjadi Gedung SPN dalam membentuk kepolisian yang profesional,” ucap Martinus Sudarno.

Kemudian Fraksi Partai Golkar dan Fraksi Partai Demokrat DPRD Kalbar melalui masing-masing juru bicaranya Prabasa Anantatur dan Tanto Yakobus mendukung sepenuhnya pembangunan Gedung SPN Polda Kalbar di Kota Singkawang. (Red).

Advertisement