Arsip

12 Naga Bulan Siap Memeriahkan Imlek dan CGM Kota Singkawang

Advertisement

SINGKAWANG – Sebanyak 12 Naga Bulan buatan Santo Yosep Singkawang Group, siap memeriahkan perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kota Singkawang tahun 2019.

Ketua pembuatan 12 Naga Bulan, Bong Sin Fo mengatakan, saat ini 9 naga dari 12 naga sudah rampung di kerjakan. Sedangkan 3 naga lainnya masih dalam proses pembuatan dan ditargetkan minggu depan akan selesai.

Untuk 9 naga yang sudah jadi saat ini, sudah berada di tempat penampungan sementara di Gang Citarum, Jalan Alianyang, kecamatan Singkawang Barat. Rencananya ke-12 naga bulan ini akan pihaknya pamerkan di jalan Alianyang atau di samping Singkawang Grand Mall pada H-3 atau H-4 perayaan Imlek.

Advertisement

Ke 12 Naga Bulan yang ditampilkan ini bermacam macam warna dan memiliki panjang dan ruas yang berbeda beda. Untuk warna ada yang berwarna emas, perak, merah, orange, pink, fanta, putih emas, hijau tua, hijau stabilo, biru tua, biru muda dan kuning.

Sedangkan untuk ukuran 3 naga dengan panjang lebih kurang 55 meter memiliki 15 ruas, 3 naga dengan panjang 48 meter memiliki 13 ruas, 3 naga dengan panjang 42 meter memiliki 11 ruas, dan 3 naga dengan panjang 34 meter memiliki 9 ruas dengan masing masing panjang ruas naga adalah sepanjang 3,5 meter.

Alasan dibuatnya sebanyak 12 naga pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini karena, angka 12 melambangkan 1 tahun (12 bulan) dengan begitu diharapkan pada tahun ini masyarakat Indonesia umumnya dan Kalbar khususnya harus tetap semangat dalam hal apapun sesuai dengan simbol naga.

Selain dipamerkan untuk tontonan, rencananya 12 Naga Bulan ini juga akan diturunkan pada pawai lampion, dimana di dalam naga itu sendiri akan panitia pasangi dengan lampu Led agar pada pawai lampion nantinya akan kelihatan indah dan menarik.

Namun sebelum diturunkan, tentunya 12 Naga Bulan ini akan menjalani ritual buka mata yang akan dipusatkan di Vihara Tri Dharma Bumi Raya (pekong tua) Kota Singkawang pada tanggal 17 Februari pukul 08.00 WIB.

Panitia juga akan menyiapkan sebanyak 500 orang untuk membawa 12 naga pada saat pawai lampion. (Red).

Advertisement