Arsip

PW DMI Kalbar Dilantik

Advertisement

PONTIANAK – Sebanyak 71 orang Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Kalbar masa Bakti 2018-2023 resmi dilantik, oleh Wakil Ketua Umum PP DMI, Syafruddin, Selasa, 18 Desember 2018.

Pelantikan ini disaksikan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono serta jajaran pejabat Forkopimda.

Ketua PW DMI Kalbar yang baru dilantik, Ria Norsan menyampaikan terima kasih telah memfasilitasi DMI Kalbar. “Kami mohon dukungan dan doa restu, agar kami dapat menjalankan amanah yang diberikan ini,” ujar Ria Norsan.

Advertisement

Wakil Ketua Umum PP DMI, Syafruddin menyampaikan pesan kepada para pengurus yang telah dilantik agar tetap menjaga soliditas dan kebersamaan seluruh anggota dan mampu melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya. Selain itu, pengurus siap menerima kritik dan masukan yang positif demi kemajuan DMI khususnya dalam upaya mengembalikan peran strategis fungsi masjid, baik sebagai tempat ibadah, pusat pendidikan, pengkajian keagamaan, dan fungsi-fungsi sosial ekonomi.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menjelaskan, bahwa Provinsi Kalbar memiliki komitmen tinggi dalam rangka membantu masjid yang ada di 14 kabupaten/kota di wilayah ini. Ada dua program strategis yang sudah dilaksanakan yaitu program pemberdayaan masyarakat (Prodamas) yang dalam dana prodamas tersebut dapat digunakan untuk dana sosial dan ada juga program dana hibah untuk perbaikan tempat ibadah.

“Melalui Prodamas dan bantuan hibah, Insya Allah, Pemerintah Provinsi Kalbar akan terus mendukung adanya perbaikan masjid dan musholla yang ada di Kalbar,” kata Sutarmidji.

Sutarmidji menjelaskan, di samping memperbaiki bangunan fisik, sarana dan fasilitas, diharapkan pengurus DMI untuk lebih bersemangat memberikan pembinaan kepada takmir dalam perbaikan manajemen administrasi (idarah), manajemen kemakmuran (imarah), manajemen pemeliharaan dan pemberdayaan (ri’ayah), serta kejelasan status wakafnya, agar keberadaan masjid dan mushola dapat bermanfaat sesuai fungsinya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono berharap, dengan adanya pelantikan DMI ini dapat memberikan warna baru di tengah masyarakat.

“Amanah, itu yang utama. Jadi, tidak sekadar dilantik saja. Tapi, mempraktikanya di tengah masyarakat,” ujar Kapolda Kalbar.

Didi Haryono juga mengajak agar pengurus dewan masjid ini bersama-sama untuk memakmurkan masjid di seluruh kalimantan barat. “mari makmurkan Masjid, Karena dengan iman dan taqwa itulah kita dekat dengan Allah SWT,” ucap Didi Haryono. (Red).

Advertisement