Arsip

HUT Ke-73, TNI AD Terus Mengabdi Bersama Rakyat

Advertisement

KUBU RAYA – Puncak peringatan Hari Lahirnya TNI AD yang jatuh pada 15 Desember 2018, digelar di Makodam XII/Tpr. Upacara Peringatan Hari Juang Kartika ke-73 tahun 2018 tersebut dipimpin oleh Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, diikuti Prajurit dan Pengawai Negeri Sipil (PNS) Kodam XII/Tpr se-Garnizun Pontianak di lapangan Makodam XII/Tpr, Jalan Alianyang, Kubu Raya, Kalbar, Sabtu pagi.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa dalam amanatnya yang dibacakan Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi mengatakan “TNI Angkatan Darat mengabdi dan membangun bersama rakyat” sangat tepat merepresentasikan komitmen Prajurit TNI AD dalam mengemban amanat perjuangan rakyat, untuk membela kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa juga mengucapkan Selamat Hari Juang Kartika kepada segenap Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil beserta Keluarga, teriring ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian selama ini.

Advertisement

Ia juga mengatakan bahwa, torehan tinta emas peristiwa Palagan Ambarawa dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia menunjukan kesemestaan perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda serta masyarakat Ambarawa melawan kekuatan kolonial Belanda.

“Semangat patriotisme dan nasionalisme yang dibungkuskan dengan keberanian, keikhlasan, serta kerelaan berkorban dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, mampu menghantarkan para pejuang bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” kata Kasad.

Kasad berharap, kepada seluruh Prajurit TNI AD selaku generasi penerus menjadikan semangat kemanunggalan TNI dan Rakyat tersebut sebagai pendorong pengabdian dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks serta dinamis.

“Momentum peringatan Hari Juang Kartika mari kita manfaatkan untuk melakukan intropeksi serta koreksi diri dan selanjutnya menatap lurus ke depan guna memantapkan langkah bersama guna mewujudkan TNI AD yang kuat, tangguh, modern dan profesional,” pungkas Kasad mengakhiri amanatnya.

Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi memaknai peringatan Hari Juang Kartika kali ini merupakan perwujudan dari jati diri TNI yaitu jati diri sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional serta tentara yang profesional. Maka dari itu seorang tentara harus membangun dan mengabdi bersama rakyat.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi menegaskan kepada seluruh prajurit Kodam XII/Tpr untuk memiliki sikap bangga menjadi seorang prajurit dan agar selalu menjaga kehormatan TNI AD. Hal ini, dalam rangka mewujudkan Kodam XII/Tpr yang berkarakter, satuan yang mempunyai kompetensi tinggi, satuan yang siap menerima perubahan, dan satuan yang selalu siap menghadapi tugas. Selain itu juga, Pangdam berpesan agar supaya menjaga jiwa korsa prajurit.

“Jiwa korsa itu kekuatan tentara, jiwa korsa yang positif merupakan kekuatan yang maha dahsyat,” tegas Pangdam XII/Tpr.

Usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Jadi Angkatan Darat tersebut, Pangdam XII/Tpr memberikan hadiah kepada prajurit berprestasi kepada Letda (K) Chb Okta, dan pemberian potongan tumpeng kepada Prajurit dari tiga Matra dan dari Kepolisian yang diwakili Satuan Brimob Polda Kalbar, dilanjutkan acara ramah tamah serta hiburan. (Red).

Advertisement