Sutarmidji: Harmonisasi di Masyarakat Harus Terjalin Baik Antara Umat Beragama

PONTIANAK – Gubernur Kalbar Sutarmidji membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Provinsi Kalbar di salah satu hotel di jalan A.yani kecamatan Pontianak Tenggara, Rabu (12/11).

Gubernur Kalbar Sutarmidji mengapresiasi atas rakerda Walubi Provinsi Kalbar ini, sebab pemerintah daerah tetap menjalankan peraturan pemerintah pusat dalam bidang keagamaan untuk memfasilitasi agama yang diakui oleh pemerintah Indonesia, dimana berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1969 yaitu agama yang diakui keberadaannya di Indonesia ada Enam agama, salah satunya agama Buddha.

“Jadi saya sepanjang kegiatan-kegiatan seperti rapat kerja, musyawarah daerah, musyawarah nasional, kita berupaya untuk bisa memfasilitasi. Dan hari ini juga pelantikan DPD Walubi se-Kalbar dan rapat kerja daerah juga,” ungkap Sutarmidji usai pembukaan.

Dirinya berharap, dari hasil rakerda DPD Walubi ini, bisa menghasilkan rekomendasi untuk perbaikan-perbaikan pembangunan di Kalbar.

“Saya berharap rapat kerja ini bisa menghasilkan satu rekomendasi untuk perbaikan pembangunan daerah Kalbar kedepannya. Dan bagaimana menciptakan harmonisasi hubungan antar pemeluk agama lain yang berbeda, nah itu yang saya harapkan agar terjaga,” tuturnya.

Sutarmidji juga menambahkan salah satu kota harmonis serta mendapatkan penghargaan kota yang toleransi yaitu kota Singkawang, yang merupakan sebagai wujud harmonisasi antar umat beragama yang ada di Kalbar.

“Kita bersyukur hiruk pikuk Kalbar yang ada dan ternyata kota dengan tingkat toleransi paling tinggi ada di kota Singkawang, dan kota Pontianak tidak menjadi terbaik dalam penghargaan itu tapi masuk kategori sebagai kota toleransi yang cukup baik. Harmonisasi dan Toleransi harus tetap kita jaga bersama-sama,” tegasnya.

Sementara itu S. Hartati Murdaya sebagai Ketua Umum DPP Walubi mengungkapkan, mendukung upaya program-program pemerintah provinsi dalam membangun daerah Kalbar, serta dirinya juga mendukung adanya toleransi antar umat beragama.

“Walubi ingin mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu, apapun yang terjadi saat ini dan menjaga negara Republik Indonesia jangan sampai terjadi perpecahan di tengah masyarakat,” kata S. Hartati Murdaya.

Lanjutnya, keadilan merupakan salah satu kunci dalam keharmonisasian di setiap daerah yang ada di Indonesia ini.

Selain Rakerda DPD Walubi Provinsi Kalbar, pengurus juga melantik Para pengurus daerah yang ada di 14 kabupaten dan kota di Kalbar. (Red).