Banjir Genangi Rumah dan Kebun Warga

SEKADAU – Penghujung tahun 2018 curah hujan cukup tinggi dan mengakibatkan beberapa titik Kecamatan Belitang mengalami banjir. Hal ini yang membuat Kapolsek Belitang Ipda Agus Junaidi melakukan patroli air dan pengecekan kebeberapa titik yang dianggap rawan banjir dengan status siaga.

Kapolsek Belitang Ipda Agus Junaidi didampingi Babinsa Koramil Serda Sayuti, Kasi Pemdes Belitang Satu M. Sandi, melakukan patroli air dengan menggunakan speed 40 PK, Rabu (12/12/2018).

Kasi Pemdes Belitang Satu Sandi menuturkan bahwa ada sebuah rumah warga yang berada di desa Belitang Satu tergenang banjir dengan ketinggian air masuk dalam rumah sekitar 5 Centimeter dan untuk sementara belum mengungsi.

“Sepanjang jalan Kapuas desa Belitang Satu terendam banjir dengan kedalaman sekitar 50 cm,” Jelas Sandi.

Perkebunan karet warga juga terkena imbas banjir.

Tingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir mengakibatkan sungai Kapuas meluap dan dapat melumpuhkan perekonomian warga desa Belitang Satu.

Kapolsek Belitang Ipda Agus Junaidi mengimbau perangkat desa Belitang Satu untuk menginformasikan perkembangan debit air untuk mengantisipasi luapan banjir karena intensitas hujan cukup tinggi.

“Barang-barang dirumah seperti barang elektronik dan barang berharga lainnya segera diamankan agar tidak terkena banjir,” tutur Kapolsek.

Polsek Belitang akan mensiagakan personilnya dan bekerjasama dengan pihak aparatur desa untuk melakukan monitoring dan menyiapkan sarana evakuasi apabila sewaktu-waktu rumah warga terendam banjir,” pungkas Kapolsek. (Red).