Tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H

SEKADAU – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, 12 Rabiul Awal, 1440 Hijriah berlangsung semarak, Selasa pagi, 20 November 2018.

Peringatan digelar di Masjid Al-Mutadin, Desa Sungai Ringin, kecamatan Sekadau Hilir, kabupaten Sekadau, dan dibuka oleh sekretasris daerah kabupaten Sekadau, Zakaria.

Sekda Kabupaten Sekadau, Zakaria menuturkan, pemerintah daerah mengapresiasi dengan adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat positif dalam rangka membina iman keagaman umat muslim di Kabupaten Sekadau. Dengan kegiatan ini umat semakin dekat dengan Allah SWT.

“Disamping itu juga untuk membina ukhuwah islamiyah. Islam dengan negara, muslim dengan umat beragama lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Maulid Tradisonal Matma, Zakasi Efendi mengtakan, bahwa kegiatan tersebut semarak dengan berbagai kegiatan yang disambut antusias oleh masyarakat.

“Adapun acara untuk mengisi maulid kali ini diantaranya, gunting rambut bekerjasama dengan pemeritah Kabupaten Sekadau, kemudian diisi dengan berbagai ceramah, Kiayi dari Sekadau jelasnya.

Menurut Zakasi Efendi, kegiatan tersebut semata-mata untuk mengekspresikan tentang nilai-nilai akhlak dan budi pekerti Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan.

Kemudian, kata dia, mencintai Nabi Muhammad SAW dengan bershalawat melalui Maulid Tradisional Al-Barzanji.

“Ini merupakan pembukaan Maulid Nabi tingkat Kabupaten. Sekali lagi kami apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak dan kepada jajaran kepolisian yang sudah berpartisipasi mengawal kegiatan tersebut,” ungkapnya Zakasi Efedi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Sekadau, Camat Sekadau Hilir H Safiyanto, kepala Desa Sungai Ringin Abdul Hamdi, Anggota DPRD Herman Abu Bakar, Ketua MUI Kabupaten Sekadau, tokoh masyarakat, tokoh agama serta organisasi Islam yang ada di Kabupaten Sekadau. (Red).