Pemerintah Cari Solusi Rendahnya Harga Karet

PONTIANAK – Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto melaksanakan kunjungan kerja di Provinsi Kalbar dengan menyambangi Pabrik Karet PT. New Kalbar Processors (NKP) di Desa Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (17/11).

Kedatangan Menperin RI ini disambut langsung oleh Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan di Bandara Internasional Supadio.

Selain di Pabrik Karet PT.NKP, Menperin juga di mengujungi IKM Dayang Songket di Jalan Karya Baru Komplek Bali Agung 1 No 14 A .

Adanya kekhawatiran Menperin RI dengan menurunya harga karet di Indonesia dan Provinsi Kalbar sebagai salah satu Provinsi penghasil karet membuat Menperin RI mengujungi Pabrik Karet PT. NKP untuk mencari solusi dalam mengatasi permasalahan ini.

“Harga karet terus turun, dan puncaknya tahun 2011. Sekarang pemerintah memikirkan bagaimana meningkatkan harga karet,” kata Airlangga Hartarto usai meninjau produksi karet di PT. New Kalbar Processors, Sungai Raya, Kubu Raya.

Dikatakannya, salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap harga karet ini, dan akan melakukan upaya dengan mencampurkan di Aspal.

“Saya sudah minta Asosiasi untuk difinalisasikan kesiapannya,” pintanya.

Menperin RI juga mendorong industri-industri UMKM untuk terus dikembangkan.

“Ini juga sudah dilakukan penjualan melalui Online, maka akses terhadap penjualan akan meningkat,” kata Airlangga Hartarto, saat meninjau IKM Dayang Songket di Jalan Karya Baru Komplek Bali Agung 1 No 14 A. (Red).