Arsip

Untan Akan Gelar Pemilihan Rektor, 4 Bakal Calon Ini Siap Bertarung

Advertisement

PONTIANAK- Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak akan menggelar pemilihan rektor masa kerja periode 2019-2023.

Sejak dibukanya pendaftaran untuk para bakal calon, pada Senin (12/11) Senat Universitas Tanjungpura Pontianak telah menetapkan 4 bakal calon Rektor Untan periode 2019-2023. Mereka adalah Garuda Wiko, Urai Edi Suryadi, Eddy Suratman dan Gusti Hardiansyah.

Berdasarkan data sementara yang berhasil dihimpun, Berikut profil 4 calon rektor Untan periode 2019-2023.

Advertisement

1. Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si

Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si., FCBArb., selain berprofesi sebagai Arbiter Tetap LAPSPI juga sebagai Arbiter di Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) sejak tahun 2008. Karir akademiknya dimulai sejak menjadi dosen Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Pontianak tahun 1989. Dipercaya menjadi Dekan Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Pontianak selama 2 periode (2006-2010 dan 2010-2014). Sampai saat ini Garuda Wiko menjadi anggota Indonesian Arbitrators Institute (IArbI) dan merupakan Foreign Arbitator di Shanghai International Arbitration Center (SHIAC) sejak tahun 2015. Selain menggeluti dunia Arbitrase, hingga saat ini ia menjadi pengajar pada program Sarjana dan Pascasarjana Universitas Tanjungpura.

2. Dr. Ir. Urai Edi Suryadi MP

Dr. Ir. Urai Edi Suryadi MP adalah salah satu dosen tetap di Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak (Untan). Urai sendiri merupakan alumni lulusan Untan. Pada 31 Desember tahun 1988, Urai menyandang gelar sarjana S1 Pertanian. 16 tahun kemudian, yakni tepatnya 26 April 2004, Urai meraih gelar masternya (S2) di Universitas Gadjah Mada. Untuk meraih pendidikan untuk mendapatkan gelar S3 nya, Urai kembali menempuh pendidikan ke UGM. Dan tahun 2013, ia pun menyandang gelar doktor (Dr).

3. Prof. Dr. Eddy Suratman

Eddy Suratman lahir di Panyabungan, Sumatera Utara, pada 7 Juli 1967. Dalam dunia pendidikan Eddy Suratman menyelesaikan pendidikan sarjana ( S1 ) pada 1 September 1992 di Universitas Tanjungpura. Selanjutnya Eddy Suratman melanjutkan pendidikan pada program magister ( S2 ) pada 1 September 1994 di Universitas Indonesia. Eddy Suratman melanjutkan pendidikan doktor ( S3 ) pada tanggal 18 Februari 2004 di Universitas Indonesia. Dalam dunia pendidikan, Eddy Suratman menjadi dosen tetap di Universitas Tanjungpura pada tahun 2003 dengan mengemban mata kuliah Analisis Kebijakan Publik dan Perkembangan Pemikiran Ekonomi. Sampai saat ini, Eddy Suratman menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura.

4. Dr. Ir. H. Gusti Hardiansyah MSc., QAM

Dr Ir H Gusti Hardiansyah MSc QAM adalah dosen tetap Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura Pontianak. Sama seperti Urai Edi Suryadi, Gusti juga alumni lulusan sarjana Untan. Gelar doktor diraihnya tujuh tahun lalu di Institut Pertanian Bogor. Gusti pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura pada dua periode yaitu 2013-2017 dan 2017-2021.

Pada pemilihan Rektor Untan ini ditunjuk sebagai Ketua Senat yakni, Prof. Hj. Asniar Ismail, S.E., M.M dan ketua panitia Dr. Ir. Tino Orciny Chandra, MS yang merupakan Dosen di Fakultas pertanian Untan. Hasil dari pemilihan rektor Untan ini nantinya akan mengantikan jabatan Prof. DR. Thamrin Usman DEA yang menjabat sebagai rektor Untan periode 2015-2019. (Red).

Advertisement