Tak Nyangka Polisi Lakukan Ini Terhadap Suporter Bola

PONTIANAK – Jajaran Polda Kalimantan Barat, dibantu personel TNI datangi kerumuman Suporter di Stadion Sultan Syarif Abdurahman (SSA) Pontianak, Minggu sore (11/11/2018).

Personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri tersebut untuk menjaga keamanan Laga sepak bola Porprov XII Kalimantan Barat.

Keberadaan mereka guna mengamankan jalannya pertandingan sepak bola yang dipadati suporter di tribun penonton di lapangan Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak agar berjalan lancar dan aman sehingga tidak terjadi gangguan kamtibmas dalam agenda tahap kampanye pemilu damai 2019.

“Selain pasukan pengamanan, kami perbantukan personel pelayanan dari Dokkes Polda Kalbar yang memberikan pelayanan kesehatan bagi para suporter di tribun penonton,” Kata Kombes Pol Jayadi.

Kepala Biro Operasi Polda Kalbar, Kombes (Pol) Jayadi menjelaskan, pengamanan Laga sepak bola Porprov Kalbar hari ke-dua ini, merupakan bagian dalam menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat dalam menyukseskan agenda Pemilihan Umum tahun 2019 di Kalimantan Barat.

Tak hanya itu, untuk menyikapi agenda Kamtibmas Pemilihan Umum Tahun 2019, Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (Polda Kalbar) sedang melaksanakan kegiatan cipta kondisi operasi Kepolisian terpusat dengan tema sandi operasi mantap Brata Kapuas 2018 di tingkat Polda Kalbar dan jajaran dalam rangka pengamanan tahap kampanye Pemilihan Umum Pileg dan Pilpres tahun 2019.

“Kegiatan cipta kondisi Operasi Mantap Brata Kapuas 2018 ini, Polri bersinergis dengan TNI melalui pelibatkan personil TNI dalam kegiatannya,” kata Jayadi.

Dalam kegiatan tersebut, tingkat Polda Kalbar melibatkan perkuatan 300 personel sebagai Satgas preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcarlantas, Satgas Tindak, Satgas Gakkum dan Satgas bantuan TNI. Begitu juga tingkat Polres/ta jajaran, mereka melakukan giat operasi yang sama dengan pelibatan unsur TNI didalamnya.

“Kegiatan hari Minggu ini terbagi di beberapa zona di Kota Pontianak,” terang Jayadi.

Separuh kekuatan diterjunkan untuk pengamanan Laga sepak bola Porprov Kalbar dan yang lainnya melaksanakan patroli cipta kondisi di pemukiman warga dan di pusat pembelanjaan dan keramaian di sepanjang Kota Pontianak,” tutupnya. (Red).