Memasyarakatkan Olahraga Melalui Gala Desa Pertama di Sekadau

SEKADAU – Gala Desa di Kabupaten Sekadau yang dipusatkan di Desa Nanga Taman, Kecamatan Nanga Taman secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Sabtu (10/11/2018).

Turut hadir perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Kabid Organisasi Kepelajaran Asisten Deputi organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Deputi Pengembangan Pemuda, Jaya Sutrisno, serta unsur Forkopimda Sekadau.

Gala Desa yang merupakan program unggulan Kemenpora sebagai bagian dari kampanye Gerakan Nasional Ayo Olahraga, merupakan kali pertama digelar di Sekadau dan disambut meriah masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan antusiasme masyarakat Nanga Taman yang memadati lokasi pembukaan sebelum acara berlangsung.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora RI yang telah mempercayakan Sekadau sebagai salah satu kabupaten di Kalbar untuk melaksanakan Gala Desa 2018.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Sekadau, kami ucapkan terima kasih tak terhingga kepada Kemenpora. Pada hari ini seluruh kegiatan resmi dimulai, kita berharap seluruh kegiatan ini berjalan lancar sampai akhir,” ujar Aloysius.

Menurutnya, persiapan yang dilakukan panitia yang terlibat didalamnya sudah sangat baik sehingga pelaksanaan juga berjalan baik.

“Gala desa di Sekadau merupakan kali pertama digelar, mudah-mudahan kedepan Sekadau bisa ditunjuk kembali dengan kecamatan yang lain. Tadi juga sudah disampaikan oleh perwakilan Kemenpora bahwa ini akan dievaluasi, mudah-mudahan Sekadau kembali diberi kepercayaan kedepan,” tandasnya.

Sementara itu Camat Nanga Taman, Paulus Ugang mengucapkan terima kasih kepada Kementerian pemuda dan olahraga dan Pemerintah Kabupaten Sekadau yang telah mempercayakan pelaksanaan Gala Desa di Sekadau ini kepada Kecamatan Nanga Taman.

Dimana diketahui di Provinsi Kalbar ada tiga kabupaten yang ditunjuk Kemenpora untuk melaksanakan Gala Desa yaitu Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Sekadau. Artinya Pemerintah melalui Kemenpora sangat peduli dengan masyarakat agar semuanya sehat, panjang umur dan bahagia,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Paulus Ugang mengajak seluruh peserta untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Kepada para panitia dan wasit, pelatih dan semua yang terlibat ia juga mengucapkan terima kasih.

“Demikian juga kepada Bapak Danramil dan Bapak Kapolsek yang bahu membahu dengan segala daya dan upaya sehingga terlaksananya kegiatan ini, saya harap kegiatan ini berjalan lancar hingga selesainya kegiatan ini,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporabudpar) Sekadau, Paulus Misi mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan persiapan yang sangat matang dan sebaik mungkin. Tapi kata dia, apabila ada yang kurang baik, pihaknya akan melakukan evaluasi dan sebagainya. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora RI karena telah menunjuk Kabupaten Sekadau khususnya Desa Nanga Taman, Kecamatan Nanga Taman untuk melaksanakan Gala Desa.

Menurutnya Gala Desa merupakan kegiatan yang sangat positif, terutama untuk generasi pemuda dan remaja untuk menghindari diri dari kegiatan negatif, perbuatan tidak baik termasuk penyalahgunaan obat terlarang sehingga mereka lebih kreatif dan inovatif melalui ajang olahraga agar mereka dapat menjadi atlet-atlet Sekadau untuk berlaga di tingkat yang lebih tinggi.

“Mudah-mudahan Sekadau diberikan kepercayaan lagi oleh Kemenpora untuk melaksanakan Gala Desa di kecamatan lainnya,” kata mantan camat Belitang Hilir ini. (Red).