Sidak Pembuatan SIM, Kapolda Minta IKM Dibuat

PONTIANAK – Untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat, Satuan Penyelenggara Administrasi Surat izin mengemudi (Satpas) Sat Lantas Polresta Pontianak terus berbenah. Salah satunya adalah layanan kepuasan soal surat izin mengemudi (SIM).

Kamis, 8 November 2018, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono didampingi Dir Lantas polda Kalbar, dan Kapolresta Pontianak Kota mengunjungi Satpas Polresta Pontianak Kota, di Jalan RE Martadinata No.1, Kecamatan Pontianak Barat.

“Untuk diperhatikan, kedepannya agar dibuatnya spanduk atau banner pada sistem Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di ruang SATPAS,” kata Kapolda.

Kapolda mengapresisasi ruang dan sarana yang telah tersedia di gedung Kantor SATPAS bersih serta rapi.

“Terkait Penambahan film sosialisasi tentang tertib lalin pada ruang tunggu pemohon SIM. Tujuanya agar masyarakat yang mendaftar semua menonton dan sebagai wujud open aware kepada mereka yang mendaftar sehingga tidak mengunderestimate tata tertib berlalu lintas,” jelas Kapolda.

Untuk memberikan semangat kepada petugas, juga patut diadakannya pemberian reward setiap bulannya kepada petugas SATPAS. Ini dilakukan agar lebih bersemangat dalam menjalankan tugas dan memberikan pelayanan dengan profesional.

Kegiatan peninjauan ruang pelayanan dan sistem pelayanan penerbitan SIM ini disambut baik oleh masyarakat pemohon SIM. Kapolda Kalbar juga menyempatkan diri untuk berinteraksi langsung dengan pemohon SIM, sekaligus sharing terkait pelayanan yang diberikan.

“Warga bilang, fasilitas sangat lengkap. Ada ruangan khusus anak (menyusui), kebutuhan khusus, ada kursi roda, kamar mandi khusus. Ada juga tombol indeks kepuasan baik yang online maupun yang manual, “ kata Kapolda.

Selain itu juga ada layanan lainya. Di antaranya adalah program khusus pelayanan SIM untuk kaum wanita pada hari Jumat pagi. Dilanjutkan pada Jumat siang ada program Jumat berbagi di Masjid selepas shalat Jumat. Tak hanya itu, di malam Minggu ada layanan khusus di tempat keramaian di Kota Pontianak.

Sedangkan di hari biasanya, berkeliling ke sejumlah tempat kantor pemerintahan, universitas, dengan menggunakan unit kendaraan roda enam. Di hari-hari besar ada juga program peduli bekerja sama dengan Bank BRI memberikan undian SIM gratis sesuai tanggal lahir dan lain sebagainya.

“Dalam sehari mobil SIM keliling ini mampu melayani 200 hingga 300 pemohon perjangan SIM,” ucap Kapolda.

Namun begitu, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, mengimbau kepada masyarakat yang ingin membuat SIM baru dan perjangan mengurus sendiri.

“Jangan mau diimingi. Urus sendiri. Ikuti prosedur,” tegas Kapolda. (Red).