Pesawat THRAS PK-ELB Milik PT. Elang Nusantara Air Jatuh di Ketapang

KETAPANG – Sebuah pesawat pengangkut pupuk sawit jatuh di Dusun Carik, Desa Belaban, Kecamatan Marau, Kabupaten Ketapang, Sabtu (3/11) Pagi.

Pesawat jenis THRAS PK-ELB dengan pilot Mr. Martin Derren Scott asal Australia itu milik PT. Elang Nusantara Air yang sedang memupuk kelapa sawit milik PT. Kencana Graha Permai Cendana Estate Kecamatan Marau, anak perusahaan dari Sinarmas Group.

Pesawat tersebut sekitar 50 kali terbang dari landasan Cendana Estate mengangkut dan menaburkan pupuk di kebun Cendana Estate.

Jumadi satu di antara pekerja operator traktor Cendana melihat pesawat terbang rendah tak seperti biasanya sekitar pukul 11.00 WIB.

“Saya liat pesawat terbang rendah, dan secara cepat tiba- tiba pesawat turun dan menghantam jalan dan pohon sawit di tempat jatuhnya pesawat,” jelasnya.

Sesaat pesawat jatuh Pilot keluar dari pesawat dan meminta dipanggilkan Kru Bandara Cendana Estate untuk membantu mengevakuasi pesawat tersebut.

Guna menghindari hal- hal yang tidak diinginkan petugas Bandara Cendana langsung menutup pesawat dan jalan tempat jatuhnya pesaawat.

“Hingga kini kami dari pihak perusahaan belum mengetahui penyebab jatuhnya pesawat tersebut, namun kami sudah melaporkan kejadian tersebut pada pihak KNKT yang akan tiba hari Minggu besok,” tutur Imam, Manager Cendana Estate. (Red).