Arsip

Banjir Bandang Hantam Rumah dan Lumpuhkan Aktivitas Warga

Advertisement

LANDAK – Hujan lebat yang terjadi Rabu sore kemarin mengakibatkan banjir bandang terjadi di Sungai pangaal, dusun Jabeng, Desa Mamek Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak, Kamis pagi (11/10/2018).

Berdasarkan pantauan pada Kamis pagi, banjir bandang ini melanda kampung Dusun Jabeng desa Mamek, Kecamatan Menyuke sejak pukul 02.00 WIB, bahkan hingga pukul 07.00 WIB banjir masih mengenangi ruas jalan dan rumah warga bahkan aktivitas warga lumpuh.

Menurut warga setempat, Bibisius air mulai masuk dipemukiman warga sejak kamis dini hari.

Advertisement

“Air masuk dirumah dan menggenang pemukiman warga mulai pukul dua subuh tadi malam, dan saya terkejut ketika mendengar suara arus air di sekeliling rumah dan saya pada saat bangun tidur melihat air sudah masuk kedalam rumah,” terang Bibisius.

Sementara itu warga lainnya Man Gele, juga menuturkan, jika air sangat cepat naik dan air masuk kerumah mencapai setengah meter.

Foto: Banjir menggenangi jalan provinsi.

Ditempat yang sama Kepala Desa Mamek, Andreas saat memantau keadaan air dusun Jabeng mengatakan, bahwa banjir bandang yang terjadi dusun Jabeng merupakan air kiriman dari anak-anak Sungai dan dari daerah dusun Semahu, serta dusun Pengaal, terlebih jika hujan lebat.

“Saya juga berharap kepada Pemerintah untuk segera memantau dan memberi bantuan kepada warga karna aktivitas warga saat ini lumpuh total,” Kata Andreas.(Red).

Advertisement