Gawai Pesta Sunat Warga Sungai Mayong

Warga Dusun Sungai Mayong Desa Tembesuk Kecamatan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau Mengelar Gawai Pesta Sunat 7 Juli 2018.

Pesta Sunat Ini Dilakukan Sebagai Bentuk Syukur Warga Karena Anak Laki-Laki Mereka Yang Memiliki Acara Sudah Memasuki Usia Dewasa Berikut Video Kiriman Jurnalis Warga.

Saudara Ini Adalah Video Kiriman Jurnalis Warga Jino Terkait Acara Pesta Sunat Yang Dilakukan Oleh Warga Di Dusun Sungai Mayong Desa Tembesuk Kecamatan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau 7 Juli 2018 Lalu.

Pesta Sunat Merupakan Acara Syukuran Yang Harus Dilakukan Warga Yang Memiliki Putra Yang Sudah Melangsungkan Sunatan Secara Medis Yang Menunjukan Bahwa Putra Tersebut Sudah Memasuki Usia Dewasa.

Dalam Acara Pesta Sunat Ini Ada Adat-Adat Yang Harus Di Persiapkan Termasuk Peraga Adat Yang Di Keluarkan Oleh Pemilik Acara Seperti Tuak Beras Ayam Babi Dan Lain-Lain Sebagai Bahan Untuk Di Masak Dan Dimakan Bersama Oleh Masyarakat Setempat Dan Tamu Lainnya Yang Menghadiri Pesta Sunat Tersebut.

Oleh Masyarakat Dayak Di Dusun Sungai Mayong Tradisi Pesta Sunat Ini Sudah Di Lakukan Secara Turun Temurun Dimana Dalam Pelaksanaannya Putra Warga Yang Melangsungkan Pesta Atau Yang Sudah Melakukan Sunatan Itu Di Arak Mengelilingi Kampung Dengan Diiringi Musik Tradisional Dan Tarian Sambil Menari Dan Membawa Air Tuak Yang Sudah Di Kemas Dalam Botol.

Dimana Dalam Arakan Ini Peserta Menggunakan Kain Sarung Yang Sudah Di Dandan Layaknya Seorang Pangeran Atau Raja Dengan Berjalan Di Payungi Oleh Keluarganya Menuju Tempat Acara.

Dengan Sudah Digelarnya Pesta Sunat Ini Maka Putra Tersebut Boleh Dikatakan Dewasa Mulai Dari Sikap Dan Perbuatan Dalam Bersosialisasi Bersama Keluarga Teman Dan Masyarakat Dimana Lingkungan Tempat Tinggalnya.

Pesta Sunat Ini Biasanya Digelar Beberapa Hari Dan Dihadiri Oleh Masyarakat Yang Tinggalnya Tak Jauh Dari Kampung Yang Melaksanakan Pesta Sunat Ini.

Ruai tv –12 Juli 2018