Masyarakat Harus Lestarikan Gawai Dayak

Bupati Melawi mengingatkan kepada masyarakat untuk terus melestarikan budaya gawai agar tetap terjaga karena merupakan identitas masyarakat dayak .

Kabupaten Melawi menggelar gawai dayak dari 18 hingga 21 Juni 2018 yang dipusatkan di Stadion Olahraga Raden Temenggung Setia Pahlawan Nanga Pinoh.

Karena gawai adalah bentuk syukur terhadap hasil panen padi yang setiap tahunnya dilakukan oleh masyarakat adat dayak Bupati Melawi Panji meminta kepada masyarakat adat untuk mampu mempertahankan nilai budaya yang terkandung di dalam gawai.

Selain itu Panji juga meminta kepada generasi muda khususnya di Kabupaten Melawi untuk dapat meneruskan budaya gawai dayak sebab gawai dayak adalah ajang tatanan nilai budaya dayak dalam siklus perladangan yang sudah tersistem dalam orang dayak dan menjadi panduan pegangan hidup jauh sebelum indonesai merdeka.

Dalam kesempatan itu Panji juga mengingatkan masyarakat untuk bersama-sama memastikan gawai berlangsung aman dan lancar sehingga tercipa suasana kondusif di Kabupaten Melawi.

Ruai tv – 20 Juni 2018