Tularkan jiwa petani pada prajurit TNI AL

Pontianak- Bumi Khatulistiwa Kalimantan Barat yang suhunya sangat ekstrim pada musim kemarau di ujung dermaga kecamatan Kendawangan berdiri Pos TNI AL Kendawangan yang di awaki prajurit TNI AL, di sela sela kesibukan berbagai kegiatan komunikasi sosial di tengah-tengah masyarakat nelayan, prajurit Posal dengan bermodalkan tekad yang kuat dan di jiwai bakat petani yang mengalir di darah prajurit yang satu ini.

Komandan Pos TNI AL Kendawangan Letda Laut (P) Heri Widagdodo, selain kesibukannya pimpin prajuritnya sebagai Dan Posal Kendawangan jajaran Lantamal XII, di sempatkan menyalurkan bakat pertaniannya dengan bercocok tanam di sekitar Posal.

Selain kesibukannya sehari-hari sebagai Danposal, bakat petaninya disalurkan di lingkungan kerjanya dengan mengajak personelnya untuk gemar bercocok tanam meski lahan terbatas, guna menjadi kegiatan positif yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang anggota pada sore hari, yang mana pagi hari jelang siang melaksanakan aktifitas kerja, ujar Heri Widagdodo.

Foto: Para prajurit TNI AL bertanam sayuran

Namun, dengan metode dan cara yang sederhana tanaman sayuran juga dapat dengan tumbuh sangat baik dan subur seperti yang dilakukan prajurit Pos TNI AL Kendawangan, menurut Heri, jenis sayuran yang di kembangkan jenis kacang panjang, cabe, tomat, sayur sawi.

Bercocok tanam sayuran di sekitar rumah dengan memanfaatkan lahan yang terbatas, ternyata bisa kita lakukan dengan niat yang kuat didasari senang, ketekunan dan sabar dengan pengetahuan yang di milik cukup, mulai dari penyiapan lahan, cara bercocok tanam, pemupukan hingga masa panennya, agar dapat bermanfaat kepada lingkungan sekitar, dengan harapan dapat menjadi contoh masyarakat sekitar yang kehidupannya sehari-hari sebagai masyarakat nelayan. (Red)